Widget HTML #1

Pengertian Tata Tertib Serta Tujuannya

Pengertian Tata Tertib Serta Tujuannya. Tata tertib merupakan suatu aturan main dalam bentuk peraturan, ketetapan dan hukuman yang tertulis untuk menilai tindakan dan standar yang menentukan apa yang benar dan apa yang salah, tepat dan tidak tepat, adil dan tidak adil maupun baik dan buruk dalam hubungan sosial sebagai keharusan yang bersifat operasional, karena adanya sanksi. Berikut adalah Penjelasan Seputar Pengertian Tata tertib Dan Tujuan Tata Tertib

Definisi Tata Tertib

Dalam buku “Pengantar Ilmu Pendidikan” karya Amir Daiem Indrakusuma, Tata Tertib ialah sederetan peraturan – peraturan yang harus di taati dalam suatu situasi atau dalam suatu tata kehidupan. [1]

Menurut Sri Sukairi Adiwimarta (1992: 134) “Tata tertib adalah peraturan-peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan”. Menurut instruksi menteri pendidikan dan kebudayaan,“.

Menurut Suryobroto, 2004: 81. Tata tertib adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur kehidupan sekolah sehari-hari dan mengandung sanksi terhadap pelanggarannya”.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga (2007) tata tertib berasal dari dua kata yaitu tata dan tertib, tata adalah aturan (biasanya dipakai dikata majemuk) dapat diartikan kaidah, aturan, dan susunan, cara menyusun sistem. Sedangkan tertib adalah teratur menurut aturan, rapi. Jadi tata tertib adalah peraturan peraturan yang harus ditaati atau dilaksanakan (disiplin).

Menurut instruksi pendidikan dan Kebudayaan tanggal 1 Mei 1994, No. 14/U/1994, tata tertib sekolah adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur kehidupan sekolah sehari-hari yang mengandung sangsi terhadap pelangaranya. Tata tertib murid adalah bagian dari tata tertib sekolah.[2]

Menurut Langgulung, (2004 : 76) tata tertib bermakna adanya susunan dan aturan dalam hubungan sesuatu bagian dengan bagian yang lain.Tata tertib sistem poin adalah suatu tatanan, peraturan, undang-undang atau hukum dengan berbentuk butir (nilai) yang dapat dijadikan dasar atau kegiatan dari suatu organisasi atau lembaga tertentu.

Secara Umum Tata tertib dapat di definisikan sebagai aturan-aturan yang dibuat dan harus ditaati serta dilaksanakan oleh semua pihak, apabila terjadi pelanggaran-pelanggaran akan mendapatkan sanksi sesuai aturan yang berlaku”.

Tujuan Tata Tertib

  • Mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional
  • Meningkatkan ketangguhan sekolah
  • Untuk membntuk mental, moral dan watak anak agar menjadi kebiasaan berbuat disiplin dan menanamkan berbagai norma luhur untuk dilaksanakan dan norma tuna susila yang wajib dihindari.

Referensi
[1] Amir daiem indrakusuma,Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, t.t. h) 149
[2] Hadari nawawi, Administrasi sekolah, (Jakarta: Ghali Indonesia, 1986) 206
.