Widget HTML #1

Pengertian Real Count

Pengertian Real Count. Real Count merupakan sebuah proses pengumpulan informasi oleh ratusan relawan melalui pemantauan langsung saat pemungutan dan perhitungan suara diseluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada.

Metodologi real count digunakan untuk mengevaluasi kualitas keseluruhan proses pemilihan umum,untuk memverifikasi hasil resmi pemilihan umum, mengetahui hasil perhitungan suara di seluruh TPS secara akurat, dan mencegah kecurangan dalam pemilihan umum.

Definisi Real Count

Arti dari real count adalah perhitungan nyata berdasarkan data yang ada di TPS yang bernama C1. Real count tidak sama dengan quick count, karena quick count hanya berdasarkan sampel saja, bukan populasi jumlah pemilih di TPS.

Menurut CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali Real Count adalah merupakan proses penghitungan keseluruhan surat suara yang ada di seluruh TPS. Real count, dilakukan oleh KPU. Pada umumnya, ia menyebut proses real count berlangsung lebih lama. Sebab, data yang digunakan bersumber dari seluruh TPS. "Ini semacam sensus terhadap seluruh TPS. Makanya agak lebih lama di banding quick count,".

Real count dalam kamus Inggris-Indonesia berarti perhitungan secara nyata. Penghitungan suara secara real (Real Count) atau juga dikenal sebagai Tabulasi Suara Paralel (Parallel Vote Tabulation) merupakan salah satu metode yang berguna untuk memantau dan mempercepat proses penghitungan suara. Real count berbeda dengan quick count pada umumnya. Karena informasi hasil suara yang dikirim adalah valid dari setiap TPS sehingga datanya pun lebih dapat dipertanggungjawabkan. Metode pengumpulan data secara komprehensif (data dari semua TPS) dengan menggunakan relawan-relawan dari kandidat masing-masing, bukan berdasarkan survey atau random sampling atau pemetaan suara.

Referensi
Perancangan Sistem Informasi Real Count Pilkada dengan SMS Gateway Berbasis Web pada DPD PKS Tangerang Selatan. Universitas Pamulang. Pamulang.