Widget HTML #1

Seputar Pengertian Sosial

Seputar Pengertian Sosial. Apa itu Sosial....? Masyarakat merupakan peleburan dari kelompok-kelompok sosial, kebiaaan dan tata kelakuan merupakan petunjuk-petunjuk bagaimana haru memperlakukan warga-warga kelompok maupun warga-warga dari kelompok lainnya. Pengertian sosial tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, karena memang diarahkan pada seluk beluk kehidupan manusia bersama kelompok di sekitarnya. Istilah ini juga dapat diabstraksikan ke dalam perkembangan-perkembangan kehidupan manusia, lengkap dengan dinamika serta masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitarnya. Berikut adalah Penjelasan Tentang Pengertian Sosial Dan Status Sosial

Definisi Sosial

Pengertian sosial dalam ilmu sosial menunjuk pada objeknya yaitu masyarakat. Sedangkan pada departemen sosial menunjukkan pada kegiatan yang ditunjukkan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dalam bidang kesejahteraan yang ruang lingkupnya pekerjaan dan kesejahteraan sosial.

Sosial adalah sesuatu yang dicapai oleh seseorang, yang dihasilkan dan ditetapkan dalam kehidupan sehari-hari antara individu dengan individu yang lain atau kelompok.

Menurut Lena Dominelli. Sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

Sosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan (Enda, 2010). Sedangkan Sosial dalam arti masyarakat atau kemasyarakatan berarti segala sesuatu yang bertalian dengan sistem hidup bersama atau atau hidup bermasyarakat dari orang atau sekelompok orang yang didalamnya sudah tercakup struktur, organisasi, nilai-nilai Sosial, dan aspirasi hidup serta cara mencapainya. Namun jika di lihat dari asal katanya, sosial berasal dari kata ”socius” yang berarti segala sesuatu yang lahir, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan secara bersama-sama.

Status Sosial

Dalam pembagian kelompok atau masyarakat (individu) memiliki apa yang dinamakan Status Sosial. Status Sosial merupakan kedudukan seseorang (individu) dalam suatu kelompok pergaulan hidupnya. Status seorang individu dalam masyarakat dapat dilihat dari dua aspek yakni :
  • Aspek statis Status kedudukan dan derajat seseorang di dalam suatu kelompok yang dapat dibedakan dengan derajat atau kedudukan individu lainnya.Seperti : petani dapat dibedakan dengan nelayan, pegawai negeri, pedagang dan lain-lain.
  • Aspek dinamis Yaitu berhubungan erat dengan peranan sosial tertentu yang berhubungan dengan pengertian jabatan, fungsi, dan tingkah laku yang formal serta jasa yang diharapkan dari fungsi dan jabatan tersebut.

Peranan Sosial, merupakan suatu cara atau perbuatan atau tindakan seseorang individu dalam usahanya memenuhi tanggung jawab hak-hak dari status sosialnya. Maka seseorang akan terlihat menjalankan kegiatan atau tidak yang sesuai dengan status sosialnya masing-masing, dapat dilihat dari peranannya.

Pada prinsipnya setiap individu dalam pergaulan hidupnya memiliki status sosial yang pokok berupa :
  • Pekerjaan seseorang (merupakan status yang terpenting)
  • Status dalam sistem kekerabatan
  • Status religius dan status politik