Widget HTML #1

Pengertian Pembangunan Serta Contohnya

Pengertian Pembangunan. Mengenai pengertian pembangunan, para ahli memberikan definisi yang bermacam-macam seperti halnya perencanaan. Istilah pembangunan bisa saja diartikan berbeda oleh satu orang dengan orang lain, daerah yang satu dengan daerah lainnya, Negara satu dengan Negara lain. Namun secara umum ada suatu kesepakatan bahwa pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan.

Definisi Pembangunan

Kata pembangunan menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu, proses atau cara tumbuh, bertambah dan berkembang, perkembangan, pertambahan, bertambah dan menjadi banyak, perihal pembangunan, proses membangun mencapai kemajuan, perkembangan dan sebagainya, atau menumbuh-numbangkan segala sumbar daya yang tersedia agar bertambah menjadi banyak, namun dapat diambil pembangunan berarti perubahan.

Menurut Siagian (1994) memberikan pengertian tentang pembangunan sebagai “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building)”.

Menurut Alexander 1994. Pembangunan (development) adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya.

Menurut Peet and Hartwick 2009. Pembangunan adalah upaya untuk membuat kehidupan yang lebih baik untuk setiap orang. Hal ini berarti pembangunan merupakan sebuah upaya yang dapat membawa masyarakat mengikuti sebuah proses untuk mencapai kehidupan yang sebelumnnya dianggap tidak baik, ataupun kurang baik, menjadi sebuah kondisi yang lebih baik.

Pembangunan menurut Rogers (Rochajat,dkk: 2011:3) adalah perubahan yang berguna menujusustu sistem sosial dan ekonomi yang diputuskan sebagai kehendak suatu bangsa.

Menurut W.W Rostow (Abdul: 2004:89) pembangunan merupakan proses yang bergerak dalam sebuah garis lurus, yakni dari masyarakat terbelakang ke masyarakat negara yang maju.

Istilah pembangunan digunakan secara luas sekarang ini. Sebagian besar orang mengartikan bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan ekonomi yang ditandai dengan adanya industrialisasi. Istilah pembangunan juga bisa berarti suatu proses perubahan sosial yang menghasilkan urbanisasi, peniruan gaya hidup modern/barat, dan sikap hidup yang baru.

Pembangunan terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik.
  1. Pembangunan fisik adalalah pembanguan yang dapat di rasakan langsung oleh Masyarakat atau pembangunan yang tampak oleh mata. Contohnya adalah: Prasarana perhubungan yaitu: jalan, jembatan dll. Prasarana pemasaran yaitu: gedung, pasar. Dan Prasarana sosial yaitu: gedung sekolah,rumah-rumah ibadah, dan Puskesmas.
  2. Sedangkan pembangunan non fisik adalah jenis pembangunan yang tercipta oleh dorongan masyarakat setempat dan memiliki jangka waktu yang lama contohnya adalah Pembangunan bidang keagamaan. Pembangunan bidang kesehatan dan keluarga berencana. Pembangunan bidang keamanan dan ketertiban. Pelayanan terhadap urusan masyarakat seperti pembuatan KTP, pembuatan kartu keluarga,pembuatan surat kelahiran Dan Pembuatan surat keterangan berdomisili.