Widget HTML #1

Pengertian Gaya Hidup Hedonis serta Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Pengertian Gaya Hidup Hedonis serta Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. tanda-tanda orang hedonis adalah menganggap bahwa materi adalah tujuan akhir untuk mendapat kesenangan, entah dengan cara bagaimana mendapatkan materi baik halal maupun haram yang dilarang agama.

Definisi Gaya Hidup Hedonis

Menurut Levan’s & Linda (Rianton, 2012) gaya hidup hedonis adalah pola perilaku yang dapat diketahui dari aktifitas, minat maupun pendapat yang selalu menekankan pada kesenangan hidup.

Menurut Susianto (Rianton, 2012) menjelaskan bawa gaya hidup hedonis adalah pola hidup yang mengarahkan aktifitasnya untuk mencari kesenangan hidup dan aktifitas tersebut berupa menghabiskan waktu di luar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang yang kurang diperlukan dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Menurut Sujanto ( Masmuadi, 2007) menjelaskan bahwa gaya hidup hedonis yang berorientasi pada kesenangan umumnya banyak ditemukan dikalangan remaja. Hal ini karena remaja mulai mencari identitas diri melalui penggunaan simbol status seperti mobil, pakaian, dan pemilikan barang-barang lain yang mudah terlihat.

Aspek - aspek Gaya Hidup Hedonis

  • Minat diartikan sebagai apa yang menarik dari suatu lingkungan individu tersebut memperhatikannya. Minat dapat muncul terhadap suatu objek, peristiwa, atau topic yang menekankan pada unsur kesenangan hidup.
  • Aktivitas yang dimaksud adalah cara individu menggunakan waktunyayang berwujud tindakan nyata yang dapat dilihat. Misalnya lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak membeli barang-barang yang kurang diperlukan, pergi ke pusat perbelanjaan dan kafe.
  • Opini adalah pendapat seseorang yang diberikan dalam merespon situasi ketika muncul perrtanyaan-pertanyaan atau tentang isu-isu sosial dan produk-produk yang berkaitan dengan hidup.

Faktor yang mempengeruhi Gaya Hidup Hedonis

  • Faktor internal yaitu sikap, pengalaman, dan pengamatan, kepribadian, konsep diri, motif, dan persepsi.
  • Faktor eksternal yaitu Kelompok referensi, Keluarga, Kelas social, dan Kebudayaan.