.

Pengertian Persekutuan Komanditer (Comanditaire Venootschap (CV)

Pengertian Persekutuan Komanditer (Comanditaire Venootschap (CV). Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Persekutuan Komanditer (CV), Jenis-Jenisnya, Ciri-Cirinya, Kelebihan dan Kekurangan nya.

Pengertian Persekutuan Komanditer (Comanditaire Venootschap (CV)

Definisi CV (Comanditaire Venootschap)

Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap) atau biasanya disingkat dengan CV adalah merupakan suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

Pengertian Perseroan komanditer atau biasa disebut CV adalah suatu bentuk perjanjian kerjasama untuk mengatur perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya, dengan orang-orang yang memberikan pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.

Secara Umum CV atau Comanditaire Venootschap merupakan suatu badan usaha alternative dengan modal terbatas yang berdiri karena adanya kerjasama antara dua orang atau lebih yang terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab mengatur perusahaan (sekutu aktif) dan orang-orang yang memberikan pinjaman dengan tanggung jawab terbatas terhadap perusahaan (sekutu pasif).

Jenis-jenis CV (Comanditaire Venootschap)

  1. Persekutuan komanditer murni. Bentuk ini merupakan persekutuan komanditer yang pertama. Dalam persekutuan ini hanya terdapat satu sekutu komplementer, sedangkan yang lainnya adalah sekutu komanditer.
  2. Persekutuan komanditer campuran. Bentuk ini umumnya berasal dari bentuk firma bila firma membutuhkan tambahan modal. Sekutu firma menjadi sekutu komplementer sedangkan sekutu lain atau sekutu tambahan menjadi sekutu komanditer.
  3. Persekutuan komanditer bersaham. Persekutuan komanditer bentuk ini mengeluarkan saham yang tidak dapat diperjualbelikan dan sekutu komplementer maupun sekutu komanditer mengambil satu saham atau lebih. Tujuan dikeluarkannya saham ini adalah untuk menghindari terjadinya modal beku karena dalam persekutuan komanditer tidak mudah untuk menarik kembali modal yang telah disetorkan.

Ciri-Ciri Persekutuan Komanditer (CV)

  1. Keanggotaan pada CV ada 2 (dua) macam diantaranya yaitu anggota aktif dan anggota pasif;
  2. Sekutu yang aktif adalah anggota yang aktif dalam mengelola suatu perusahaan;
  3. Sedangkan pada sekutu yang pasif hanyalah anggota yang menanamkan sebuah modal saja; dan
  4. Tanggung jawab pada sekutu aktif tidak terbatas, sedangkan pada tanggung jawab sekutu pasif hanya sebesar modal yang dia tanam.

Kelebihan CV (Comanditaire Venootschap)

  1. Persyaratan pendirian CV yang lebih mudah
  2. Modal yang dikumpulkan lebih besar
  3. Lebih mudah mendapatkan kredit karena struktur modal yang lebih kuat
  4. Memiliki kemampuan manajemen yang lebih baik
  5. Kesempatan melakukan perluasan usaha yang lebih terbuka

Kekurangan CV (Comanditaire Venootschap)

  1. Sebagian anggota atau sekutu aktif memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dalam mengatur perusahaan
  2. Sulit bagi sekutu pimpinan untuk menarik kembali modalnya
  3. Masa hidup CV tidak dapat ditentukan karena bergantung pada sekutu aktif atau anggota yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Persekutuan Komanditer (Comanditaire Venootschap (CV) Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Persekutuan Komanditer (Comanditaire Venootschap (CV)"