.

Pengertian Keanekaragaman

Pengertian Keanekaragaman. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian keanekaragaman serta tingkatan Pengertian Keanekaragaman.

Definisi Keanekaragaman

Menurut Krebs (1978) keanekaragaman (diversity) adalah merupakan banyaknya jenis yang biasanya disebut kekayaan jenis (species richness). 

Menurut Helvoort (1981) menyatakan bahwa pengertian keanekaragaman adalah merupakan ciri khas bagi suatu komunitas yang berhubungan dengan banyaknya jenis dan jumlah individu tiap jenis sebagai komponen penyusun komunitas. 

Menurut Odum (1993) menyatakan bahwa definisi keanekaragaman tidak hanya kekayaan atau banyaknya jenis, tetapi juga kemerataan (evenness) dari kelimpahan individu tiap jenis. 

Menurut Ewusie (1990), keanekaragaman berarti keadaan yang berbeda atau mempunyai berbagai perbedaan dalam bentuk atau sifat. Ide diversitas atau keanekaragaman spesies didasarkan pada asumsi bahwa populasi dari spesies-spesies yang secara bersama-sama terbentuk, berinteraksi satu dengan lainnya dan dengan lingkungan dalam berbagai cara menunjukan jumlah spesies yang ada serta kelimpahan relatifnya.

Tingkatan Pengertian Keanekaragaman

  1. Keanekaragaman terbagi dalam tiga tingkatan pengertian yang berbeda, yaitu.
  2. Keanekaragaman genetik merupakan konsep variabilitas di dalam suatu spesies yang diukur oleh variasi genetika di dalam spesies, varietas, subspesies atau keturunan tertentu.
  3. Keanekaragaman spesies adalah konsep variabilitas makhluk hidup di bumi, dan diukur dengan jumlah seluruh spesies di bumi, atau di kawasan tertentu.
  4. Keanekaragaman ekosistem berkaitan dengan keanekaragaman dan kompleks-kompleks yang berkaitan dengan tempat spesies berada.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Keanekaragaman Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Keanekaragaman"