.

Pengertian Hibernasi Serta Fungsi Dan Prosesnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Hibernasi...? Berikut ini adalah penjelasan tentang seputar Pengertian Hibernasi, fungsi Hibernasi pada Hewan, Proses Hibernasi Pada Hewan Dan Hewan-Hewan Yang Berhibernasi.

Definisi Hibernasi

Pengertian Hibernasi menurut wikipedia adalah kondisi ketakaktifan dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Hewan yang melakukan hibernasi berusaha menghemat energi, terutama selama musim dingin sewaktu terjadi kelangkaan makanan, membakar cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan.

Sedangkan Menurut KBBI hibernasi keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama musim dingin.

Fungsi Hibernasi Pada Hewan

Fungsi hibernasi adalah untuk menghemat energi selama periode ketika tidak tersedia makanan yang cukup. Untuk mencapai penghematan energi ini, proses endoterma akan menurunkan tingkat metabolisme terlebih dahulu, yang kemudian menghasilkan penurunan suhu tubuh. Hibernasi bisa berlangsung beberapa hari, minggu, atau bulan tergantung pada spesies, suhu lingkungan, waktu tahun, dan kondisi tubuh individu.

Proses Hibernasi Pada Hewan

Sebelum memasuki masa hibernasi, hewan-hewan tersebut biasanya melakukan proses mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, seperti yang terjadi pada beruang. Hewan-hewan melakukan fase hibernasi untuk menyimpan cadangan lemak bagi tubuh mereka untuk beradaptasi menghadapi musim dingin, atau musim-musim dengan suhu iklim yang menurun dari biasanya. Bahkan setelah bangun dari hibernasi, hewan-hewan ini membutuhkan beberapa saat untuk melanjutkan kegiatan normal mereka. Sebagian pendapat menyebut hibernasi sebagai tidur yang mirip dengan kematian. Selama hibernasi, denyut jantung akan melambat dan beberapa organ non vital menjadi tidak aktif sepenuhnya. Ini adalah kondisi dimana tubuh menggunakan energi minimal.

Hewan yang Berhibernasi

Terdapat sebagian hewan yang tidak melakukan hibernasi karena dapat mengatasi musim dingin dengan mekanisme lain.Hibernasi umumnya ditemukan pada hewan berdarah panas. Hewan berdarah dingin mungkin akan tidur ketika cuaca panas dan kering dan disebut sebagai estivation. Berikut adalah daftar hewan-hewan yang berhibernasi di musim dingin:
  1. Beruang
  2. Landak
  3. Badger
  4. Hamster
  5. Beberapa jenis tikus
  6. Tupai
  7. Lemur
  8. Groundhog
  9. Kumbang kecil (Ladybird)
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Hibernasi Serta Fungsi Dan Prosesnya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Hibernasi Serta Fungsi Dan Prosesnya"