.

Seputar Pengertian Sinonim

Seputar Pengertian Sinonim. Apa yang dimasud dengan sinonim..? berikut adalah penjelasan seputar pengertian / definisi Sinonim, Kelompok Sinonim, serta Penyebab terjadinya perbedaan terhadap sinonim.

Seputar Pengertian Sinonim

Definisi Sinonim

Pengertian Sinonim adalah merupakan suatu kata yang mempunyai bentuk berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin dapat juga disebut sebagai persamaan kata atau padanan kata.

Menurut Saeed pengertian sinonim adalah merupakan kata-kata fonologis berbeda yang memiliki makna yang sama atau sangat mirip. Misalnya, kata bunga, kembang dan puspa secara fonologis berbeda, tetapi memiliki makna yang sama, yaitu sama-sama menyatakan bunga.

Untuk mendefinisikan sinonim, ada tiga batasan yang dapat dikemukakan
  1. Kata-kata dengan acuan ekstralinguistik yang sama, misalnya kata mati dan mampus;
  2. Kata-kata yang mengandung makna yang sama, misalnya kata memberitahukan dan kata menyampaikan; dan
  3. Kata-kata yang dapat disubstitusi dalam konteks yang sama, misalnya “Kami berusaha agar pembangunan berjalan terus” dan “Kami berupaya agar pembangunan berjalan terus”. Kata berusaha bersinonim dengan kata berupaya.

Kelompok Sinonim

  1. Sinonim absolut. adalah relasi makna antara dua kata atau lebih yang sama dalam semua konteks. Dalam sebuah bahasa, kata-kata yang bersinonim absolut biasanya sangat jarang ditemukan.
  2. Sinonim proposisional adalah relasi makna antara dua kata atau lebih yang dapat bersubstitusi dalam sejumlah ekspresi tanpa menimbulkan perbedaan makna. Dalam sinonim proposisional, perbedaan terjadi pada aspek tingkat makna ekspresif, stilistik dan medan pembicaraan. Misalnya isteri dan bini, saya dan aku, buat dan bikin.
  3. Sinonim dekat adalah relasi makna antara dua kata atau lebih yang sebagian makna yang dimilikinya sama, misalnya cantik dan ayu, besar dan luar biasa, buta dan rabun.

Penyebab terjadinya perbedaan pada sinonim

  1. Perbedaan karena dialek atau kebiasaan setempat, misalnya dalam dialek Jakarta terdapat bentuk gue, kita dalam dialek Manado, dan saya dalam bahasa Indonesia. Kata aku dan saya juga merupakan dua kata yang bersinonim tetapi kata aku hanya dapat digunakan untuk teman sebaya dan tidak dapat digunakan kepada orang yang lebih tua atau yang status sosialnya lebih tinggi.
  2. Perbedaan pada pemakaian, misalnya kata mati dan meninggal. Kata mati digunakan untuk manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan seperti tampak dalam kalimat kambing saya mati kemarin. Kata meninggal biasanya hanya digunakan untuk manusia, misalnya dalam kalimat guru itu meninggal tadi malam.
  3. Perbedaan pada nilai kata, misalnya kata memohon nilainya lebih halus daripada kata meminta; kata bersantap lebih baik daripada kata makan.
  4. Perbedaan berdasarkan kolokial tidaknya kata, misalnya kata ana dan kata saya.
  5. Perbedaan karena hiponim, misalnya kata sapi merupakan hiponim kata binatang.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Sinonim Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Sinonim"