.

Pengertian Prosedur Serta Karakteristik

Pengertian Prosedur Serta Karakteristik. Dalam menunjang kelancaran operasional sebuah perusahaan hendaklah memiliki prosedur sebagai dasar pelaksanaan pekerjaan. Dengan adanya prosedur yang memadai maka pengendalian dan tujuan yang akan dicapai dalam suatu organisasi dapat berjalan dengan baik.

Pengertian Prosedur Serta Karakteristik

Definisi Prosedur

Menurut Mulyadi pengertian Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam terhadap transaksi organisasi yang terjadi berulang-ulang.

Menurut Nafarin pengertian Prosedur adalah urutan-urutan seri tugas yang saling berkaitan dan dibentuk guna menjamin pelaksanaan kerja yang seragam.

Seperti Dikutip dari Wikipedia. Definisi Prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang baku (sama) agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama, semisal prosedur kesehatan dan keselamatan kerja.Lebih tepatnya, kata ini bisa mengindikasikan rangkaian aktivitas, tugas-tugas, langkah-langkah, keputusan-keputusan, perhitungan-perhitungan dan proses-proses, yang dijalankan melalui serangkaian pekerjaan yang menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, suatu produk atau sebuah akibat. Sebuah prosedur biasanya mengakibatkan sebuah perubahan. Prosedur dapat diartikan juga sebagai :
  1. Instruksi atau resep, serangkaian perintah yang menunjukkan bagaimana menyiapkan atau membuat sesuatu
  2. Subrutin atau metode (ilmu komputer), sebuah sub program yang merupakan bagian dari program yang besar
  3. Algoritma, dalam matematika dan ilmu komputer, serangkaian operasi atau perhitungan untuk menyelesaikan tugas tertentu
  4. Prosedur operasi standar
  5. Prosedur hukum
  6. Prosedur parlemen
Menurut Azhar Susanto pengertian Prosedur adalah rangkaian aktifitas atau kegiatan yang dilakukan secara berulang- ulang dengan cara yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian prosedur adalah adalah suatu urutan langkah-langkah pemrosesan data atau urutan kegiatan secara sistematis dan jelas yang melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam terhadap suatu transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Karakteristik Prosedur

  1. Prosedur menunjang tercapainya tujuan organisasi.
  2. Prosedur mampu menciptakan adanya pengawasan yang baik dan menggunakan biaya yang seminimal mungkin.
  3. Prosedur menunjukan urutan-urutan yang logis dan sederhana.
  4. Prosedur menunjukan adanya penetapan keputusan dan tanggung jawab
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Prosedur Serta Karakteristik Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Prosedur Serta Karakteristik"