.

Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya

Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya. Ekuinoks atau dalam bahasa inggrisnya equinox terjadi dua kali dalam setahun. ketika sumbu Bumi tidak terinklinasi terhadap Matahari, dan pusat Matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa Bumi. Istilah ekuinoks dapat pula digunakan untuk arti yang lebih luas, yaitu tanggal saat peristiwa semacam ini terjadi. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Ekuinoks serta jenisnya.

Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya

Definisi Ekuinoks

Nama "ekuinoks" berasal dari bahasa Latin aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.

Sekitar bulan Desember, ketika belahan bumi selatan menerima paling banyak sinar matahari, daerah tersebut mengalami musim panas. Puncaknya adalah pada sekitar tanggal 21 Desember, ketika matahari berada pada posisi paling tinggi di langit belahan bumi selatan. Sebaliknya, pada sekitar tanggal 21 Juni, matahari berada pada posisi paling tinggi di belahan bumi utara yang merupakan puncak musim panas di daerah tersebut. Tanggal-tanggal tersebut dikenal dengan nama solstice (titik balik matahari).

Di saat posisi semu matahari berpindah dari belahan bumi utara ke selatan atau sebaliknya pada sekitar tanggal 20 Maret dan 21 September matahari berada pada posisi paling tinggi di khatulistiwa. Pada tanggal tersebut, matahari seolah-olah bergerak melintasi langit khatulistiwa untuk berpindah belahan bumi. Ada saatnya poros Bumi tidak condong maupun menjauhi matahari. Pada saat itu bidang ekuator Bumi sama dengan bidang ekuator matahari. Hal ini menyebabkan panjang siang dan malam yang sama di kedua belahan Bumi. Peristiwa ini dikenal sebagai ekuinoks.

Jenis Ekuinoks

  1. Ekuinoks vernal menandai dimulainya musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatan.  Ekuinoks vernal terjadi sekitar tanggal 20-21 Maret.
  2. Sebaliknya, ekuinoks musim gugur menandai dimulainya musim gugur di belahan Bumi utara dan musim semi di belahan Bumi selatan. ekuinoks musim gugur sekitar tanggal 22-23 September
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Ekuinoks Dan Jenisnya"