.

Pengertian Psoriasis Serta Ciri dan Jenisnya

Pengertian Psoriasis Serta Ciri dan Jenisnya. Apa itu Penyakit Psoriasis..? berikut adalah penjelasan seputar pengertian penyakit Psoriasis, faktor penyebab Psoriasis, ciri-ciri penyakit Psoriasis dan jenis-jenis penyakit Psoriasis.

Pengertian Psoriasis Serta Ciri dan Jenisnya


Definisi Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik perdarahan di kulit dibawahnya.

Psoriasis sering timbul di kuku, dimulai dari bintik putih pada kuku sampai ke penebalan kuku, juga mengenai kulit kepala (skalp) ditandai dengan sisik besar dan penebalan dengan warna kemerahan yang akan melewati batas rambut. Selain itu penyakit ini sering mengenai siku dan lutut, walaupun dapat juga mengenai wajah, lipat lutut dan siku, genitalia, telapak tangan dan kaki, sesuai tingkat keparahannya penyakit ini bisa meluas keseluruh tubuh (eritroderma) yang akan menimbulkan kegawatan dan dapat mengancam jiwa. Psoriasis merupakan inflamasi kronis pada kulit yang sering terjadi.

Faktor Penyebab Psoriasis

  1. Trauma fisik (Koebner Phenomenon), akibat gesekan atau garukan.
  2. Infeksi : infeksi streptokokus dapat menyebabkan psoriasis gutata
  3. Stress : faktor lain yang memicu timbulnya psoriasis yaitu stress, insidensi nya sebanyak 40% dan lebih tinggi lagi pada anak-anak.
  4. Obat : obat-obatan yang dapat memicu timbulnya psoriasis yaitu glukokortikoid, lithium, obat antimalaria, dan B blocker.
Penyebab psoriasis secara pasti belum diketahui. Namun penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan kulit. Faktor keturunan juga dianggap dapat berperan dalam munculnya psoriasis. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu penyakit ini. Di antaranya, infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

Ciri-Ciri Psoriasis

  1. Bercak menonjol, pinggirannya berwarna merah, kering dan gatal
  2. Terkelupas mirip sisik berwarna perak
  3. Mudah pecah dan menimbulkan nyeri
  4. Biasanya terpisah satu sama lain dan saling menyatu bila sudah meluas
  5. Biasanya dimulai dari sikut, lutut, batang tubuh kulit kepala dan kuku

Jenis Psoriasis

  1. Psoriasis plak
  2. Psoriasis kuku
  3. Psoriasis kulit kepala
  4. Psoriasis inversi
  5. Psoriasis gutata
  6. Psoriasis pustular
  7. Psoriasis eritrodermik
  8. Artritis psoriasis
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Psoriasis Serta Ciri dan Jenisnya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Psoriasis Serta Ciri dan Jenisnya"