.

Pengertian Gejala Sosial

Pengertian Gejala Sosial. Apa itu Gejala Sosial...? dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering mendapatkan suatu kejadian-kejadian dimana kejadian tersebut dapat dikatakan sebagai gejala sosial. Nah untuk mengetahui apa sih yang dimaksud dengan gejala sosial berikut adalah penjelasannya.

Definisi Gejala Sosial

Gejala Sosial atau sering disebut juga sebagai fenomena sosial. Konsep ini merujuk pada peristiwa - peristiwa, kejadian - kejadian, perilaku/tindakan sosial, interaksi sosial yang memiliki keajegan. Peristiwa atau kejadian dikatakan ajeg apabila terjadi secara berulang - ulang dalam kehidupan sehari - hari.

Menurut Soerjono Soekanto mengatakan bahwa gejala sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Nah jika suatu peristiwa atau kejadian terjadi hanya sekali, maka tidak dapat dikatakan sebagai gejala atau fenomena sosial, melainkan sebagai kasus.

Contoh Gejala Sosial

Korupsi adalah merupakan suatu peristiwa atau kejadian yang berulang - ulang, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai gejala atau fenomena sosial. Sedangkan contoh lain adalah kekerasan, kemiskinan, serta berbagai macam perilaku yang menyimpang, anti-sosial, atau kejahatan, termasuk peristiwa - peristiwa yang mana masyarakat atau negara mencegah, menghindari, meredakan, atau menciptakan system norma dengan harapan terhindar dari hal - hal tersebut, mulai dari main hakim sendiri, atau proses pengadilan oleh lembaga yang sah diciptakan oleh Negara

Gejala sosial menggambarkan sesuatu yang mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perilaku individu lain di sekitar masyarakat.

Kajian Gejala sosial

  1. Norma social
  2. Kelompok social
  3. Lapisan masyarakat
  4. Proses social
  5. Perubahan sosial budaya

Bentuk Gejala sosial

  1. Gejala sosial dari faktor ekonomis, seperti kemiskinan dan pengangguran.
  2. Gejala sosial dari faktor biologis, seperti penyakit menular.
  3. Gejala sosial dari faktor psikologis, seperti penyakit syaraf dan bunuh diri.
  4. Gejala sosial dari faktor kebudayaan, seperti perceraian dan kenakalan remaja.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Gejala Sosial Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Gejala Sosial"