.

Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya. Apa itu Sosiologi.....? Istilah Sosiologi pertama kali ditemukan oleh Auguste Comte Seorang ahli filsafat, moralis, dan sekaligus sosiolog yang berasal dari Perancis,. Menurut dia, sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya teman atau sesame dan logis dari kata Yunani yang artinya cerita. Jadi pada awalnya, sosiologi berarti bercerita tentang teman atau kawan. Berikut adalah penjelasan tentang seputar pengertian sosiologi, Ciri - Ciri Utama Ilmu Sosiologi, Objek Sosiologi Dan Pokok-Pokok Bahasan Sosiologi.

Definisi Sosiologi

Sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Berikut ini pengertian sosiologi menurut beberapa ahli antara lain adalah :
  1. Menurut Max Weber Sosiologi adalah ilmu yang beruapaya memahami tindakan-tindakan social.
  2. Menurut Roucek dan Warren Sosilogi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
  3. Menurut William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah tentang stuktur-stuktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  4. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi Sosiologa adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari stuktur social dan proses-proses social termasuk perubahan sosal.
  5. Menurut Paul B. Horton Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
  6. Menurut Piritim Sorokin. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari Hubungan dan pengaruh timbsl balik antara aneka macam gejala social (misalnya gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral), Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala social dengan gejala nonsosial (gejala geografis, biologis) dan Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
  7. Menurut Allan Johnson Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem itu.
  8. Menurut William Kornblum Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dlam berbagai kelompok dan kondisi.
  9. Menurut Soerjono Soekanto Sosilogi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Ciri - Ciri Utama Ilmu Sosiologi

  1. Empiris adalah ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif (menduga-duga)
  2. Teoritis adalah suatu ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstaksi dari hasil-hasil pengamatan
  3. Komulatif adalah sesuatu yang tersusun atas dasar teori - teori yang sudah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama
  4. Nonetis adalah pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik dan buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.

Objek Sosiologi

  1. Objek Material merupakan kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antar manusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri.
  2. Objek Formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk social atau masyarakat. Dengan demikian obyek formal sosiologi adalah hubungan antar manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

Pokok Bahasan Sosiologi

  1. Fakta sosial adalah merupakan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut.
  2. Tindakan sosial adalah merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain.
  3. Khayalan sosiologis diperlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia.
  4. Realitas sosial yang mana Seorang sosiolog harus dapat  menyingkap berbagai tabir dan mengungkap tiap helai tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya"