.

Seputar Pengertian Musik

Seputar Pengertian Musik. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari irama, denyut nadi dan degup jantung manusia pun memiliki irama khusus. Pada manusia otak kanan memiliki peran yaitu mendengarkan musik, memanfaatkan paduan warna menarik, menciptakan aneka simbol baru, belajar kelompok, teka-teki, humor, lelucon, dan kreativitas. Otak kanan ini menunjukkan aktivitas kerja jika diperdengarkan musik. Berikut adalah penjelasan tentang seputar Pengertian Musik.

Definisi Musik

Berikut adalah Beberapa Pengertian Musik yang antara lain adalah
  1. Menurut Wikipedia. Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.
  2. Menurut Adjie Esa Poetra, seorang musisi dari Indonesia, mendefinisikan musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi. Menurutnya ada empat unsur dalam musik, yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara)
  3. Menurut David Ewen, mendefinisikan musik sebagai ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi titik dari nada-nada, baik vocal maupun instrumental. Musik meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.
  4. Menurut Schopenhauer, seorang filsuf dari jerman pada abad ke-19, yang mengatakan bahwa musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta.
  5. Menurut Suhastjarja, seorang dosen senior Fakultas Kesenian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, mengemukakan pendapatnya mengenai musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinimkatinya.
  6. Menurut Dello Joio, seorang komponis Amerika, memberikan pendapatnya tentang musik yaitu bahwa mengenal musik dapat memperluas pengetahuan dan pandangan selain juga mengenal banyak hal lain diluar musik. Pengenalan terhadap musik akan menumbuhkan rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari suatu kenyataan yang selama ini tersembunyi.

Genre Utama Dalam Musik

Musik memiliki beberapa aliran musik (genre). Genre tersebut masih terbagi lagi dalam beberapa sub genre yang lain. Adapun genre utama dalam musik adalah:
  1. Musik Klasik. Musik klasik merupakan musik yang memiliki kombinasi yang cukup rumit yang merupakan harmonisasi dari beberapa suara dan banyak alat musik. Musik klasik biasanya dimainkan dalam nada-nada berfrekuensi tinggi.
  2. Musik rakyat tradisional (folklore) Musik tradisional merupakan hasil buadaya dari masyarakat pada suatu daerah tertentu misalnya gamelan Jawa, keroncong, dan sebagainya.
  3. MusikGospel
  4. Blues
  5. Jazz Musik jazz merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad 20 dengan akar dari musik Eropa dan Afrika. Salah satu elemen penting dalam jazz yaitu sinkopasi.
  6. Rock Musik rock merupakan musik yang memiliki ciri khas berupa beat latar yang keras. Musik rock memberikan harmoni vokal, gitar listrik dan beat latar yang keras.
  7. Musik Populer
  8. Musik Dunia
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Musik Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Musik"