.

Pengertian Ambitus Suara

Pengertian Ambitus Suara. Jenis suara manusia pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu suara wanita dan suara pria. Suara wanita dibagi menjadi dua yaitu sopran untuk jenis suara tinggi dan alto untuk jenis suara yang rendah. Suara pria juga dibagi menjadi dua yaitu tenor untuk jenis suara tinggi dan bas untuk jenis suara yang rendah. Masing–masing jenis suara memiliki ambitus suara yang berbeda tergantung pada klasifikasi pencapaiannya. Berikut adalah penjelasan mengenai definisi Ambitus Suara.

Definsi Ambitus Suara

Wilayah atau jangkauan suara dalam musik dikenal dengan istilah Ambitus yang berasal dari bahasa latin. Dalam bahasa inggris mendekati kata “border” yang berarti pembatasan.

Ambitus Suara adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang. Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.

Pengertian dari ambitus suara adalah batas jangkauan suara, luas wilayah nada yang dapat dicapai seseorang dalam berolah vocal.

Tabel Ambitus Suara Manusia

Pengertian Ambitus Suara


Sopran adalah jenis suara perempuan yang berambitus tertinggi, berambitus dari nada c1 – c3. Alto dalam partitur paduan suara, alto juga disebut contralto, yaitu ambitus suara perempuan paling rendah f – d2.

Disebut juga alto laki- laki atau counter tenor. Tenor Suara laki laki yang tertinggi, berambitus B –g1. Untuk tenor biasanya ditulis dalam klef kunci G yang dipakai sopran, dalam pengertian suara tenor 1 oktav lebih rendah dari sopran.

Bass Suara laki- laki paling rendah, berambitus E – c1. Karakternya bersuara sangat rendah, besar, dan dalam dapat mengimbangi kewibawaan suara alto.

Dalam tes ambitus suara, Untuk wanita, dimulai dari nada f sampai dengan b, jika wanita tersebut tidak bisa membunyikan nada f-c, berarti termasuk ambitus suara sopran, namun jika mampu membunyikan nada f, g, a, b, dan c, berarti termasuk ambitus suara alto, Karena ambitus suara sopran dimulai dari c sampai c3 untuk alto dari f sampai d2. Untuk anggota paduan suara laki laki, dimulai dari nada E sampai B, untuk ambitus tenor dari B sampai g1 dan bas dari E sampai c1.

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Ambitus Suara Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Ambitus Suara"