.

Pengertian Patologi

Pengertian Patologi. Sebagai suatu ilmu, Patologi mencakup bidang-bidang seperti patologi tanaman, patologi serangga, patologi kedokteran hewan dan patologi komparatif, serta patologi manusia.

Definisi Patologi

Patologi berasal dari pathos (Yunani) yang artinya “emosi, gairah,menderita”, dan Logos (ology) yang artinya “studi”. Jadi patologi adalah studi penderitaan atau ilmu tentang penyakit. Sifat yang patologis dapat membantu dalam mengingat makna kedua kata patologi, karena berarti penyimpangan kesehatan (mental) dari yang normal.

Patologi adalah kajian dan diagnosis penyakit melalui pemeriksaan organ, jaringan, cairan tubuh, dan seluruh tubuh (autopsi).

Dalam konteks kedokteran manusia, patologi tidak hanya merupakan ilmu dasar atau teoritik, tetapi juga merupakan spesialisasi kedokteran klinis. Patologi adalah bagian dari ilmu kedokteran yang mempelajari tentang penyakit yang disebabkan karena perubahan struktur dan fungsi dari sel dan jaringan tubuh. 

Patologi adalah cabang ilmu pengobatan yang berkaitan dengan sebab-sebab penyakit dan prosesnya serta pengaruhnya terhadap struktur dan fungsi tubuh manusia. Secara khusus mengkaji proses penyakit dengan pengujian terhadap jaringan-jaringan dan cairan-cairan tubuh yang ditemukan selama pembedahan atau autopsi. 

Cabang Patologi

Dua cabang besar patologi adalah patologi anatomi dan patologi klinis antara lain adalah :
  1. Patologi anatomi didasarkan pada pengujian organ-organ dan jaringan-jaringan secara langsung untuk menentukan sifat, tingkat dan ramalan terhadap penyakit pasien, seperti dalam biopsy atau untuk menjelaskan sebab-sebab kematian pasien dalam suatu autopsy.
  2. Patologi klinis melibatkan prosedur-prosedur laboratorium untuk menentukan pemusatan berbagai zat biokimia di dalam cairan tubuh, kumpulan sel-sel dan bentuk-bentuknya di dalam darah, sumsum tulang, dan jaringan-jaringan lain, fungsi-fungsi organ seperti hati, ginjal, status sistem kekebalan, dan identifikasi organisme-organisme yang menular.

Aspek-Aspek patologi

Empat aspek yang dipelajari dalam patologi antara lain adalah:
  1. Etiologi/ penyebab
  2. Patogenesis/ mekanisme perkembangan penyakit
  3. Perubahan molekuler dan morfologik
  4. Perubahan fungsional dan manifestasi klinis

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Patologi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Patologi"