.

Pengertian Keadilan Prosedural Serta Model dan Aturannya

Pengertian Keadilan Prosedural Serta Model dan Aturannya. Prosedur yang adil terwujud bila didalamnya ada partisipasi/representasi berbagai pihak, transparansi dan akurasi informasi, akuntabilitas dan kompetensi serta etis.

Definisi Keadilan Prosedural

Adapun beberapa pengertian keadilan prosedural menurut para ahli adalah sebagai berikut:
  1. Menurut Kreitner dan Kinicki pengertian keadilan prosedural adalah keadilan yang dirasakan dari proses dan prosedur yang digunakan untuk mengalokasikan keputusan
  2. Menurut Konovsky dalam Beugre. Persepsi keadilan prosedural didasarkan pada pandangan karyawan terhadap kewajaran proses penghargaan dan keputusan hukuman yang dibuat organisasi sifatnya penting seperti keharusan membayar imbalan/insentif, evaluasi, promosi dan tindakan disipliner.
  3. Menurut Fatdina keadilan prosedural berkaitan dengan masalah keadilan mengenai cara yang seharusnya digunakan untuk mendistribusikan sumber daya-sumber daya yang ada dalam organisasi.
  4. Menurut Gilliland dalam Pareke mengatakan bahwa keadilan prosedural merupakan suatu fungsi dari sejauh mana sejumlah aturan-aturan prosedural dipatuhi atau dilanggar. Aturan-aturan tersebut memiliki implikasi yang sangat penting karena dipandang sebagai manifestasi nilai-nilai proses dasar dalam organisasi.

Konsep Keadilan Prosedural

Tyler dalam Wahyu Kuncoro telah mengkonsepsikan keadilan prosedural adalah hubungan antara pembuat keputusan dan individu yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Orang-orang akan menilai keadilan prosedural atas interaksi dengan orang lain dalam dimensi hubungan seperti netralitas, kepercayaan dan penghargaan. Keadilan juga dapat dilihat dari proses yang digunakan dalam membuat dan mengimplementasikan keputusan alokasi sumber daya.

Dimana konsep ini menjelaskan bahwa individu tidak hanya melakukan evaluasi terhadap alokasi atau distribusi outcomes, namun juga mengevaluasi terhadap keadilan prosedur untuk menentukan alokasi tersebut.

Model Keadilan Prosedural

Model keadilan prosedural dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa keadilan prosedural memberikan persepsi untuk kepentingan diri sendiri dan dengan kelompoknya. Persepsi keadilan prosedural dijelaskan oleh dua model, yaitu:
  1. Model kepentingan pribadi (self interest) yang diajukan Thibaut dan Walker dalam Colquitt berbasis pada asumsi, bahwa orang berupaya memaksimalkan keuntungan pribadinya ketika berinteraksi dengan pihak lain dan mengevaluasi prosedur dengan mempertimbangkan kemampuannya untuk menghasilkan outcomes yang diinginkannya.
  2. Model nilai kelompok menganggap bahwa individu tidak dapat lepas dari kelompoknya. Salah satu kritik penting yang disampaikan Lind dan Tyler terhadap model keadilan prosedural yang dikembangkan Thibaut dan Walker dalam Heru adalah bahwa pengembangan konsep keadilan prosedural tidak hanya berbasis pada perselisihan antarindividu sebagai titik tolak pengembangan konsep.

Aturan Pokok Keadilan Prosedural

Berikut adalah enam aturan pokok dalam keadilan prosedural, yaitu :
  1. Konsistensi
  2. Minimalisasi bias
  3. Informasi yang akurat
  4. Dapat diperbaiki
  5. Representatif
  6. Etis
Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Keadilan Prosedural Serta Model dan Aturannya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Keadilan Prosedural Serta Model dan Aturannya"