.

Pengertian Prinsip Dasar ekonomi

Pengertian Prinsip Dasar ekonomi. Yang menjadi dasar dari prinsip ekonomi adalah patokan perilaku ekonomi dalam perekonomian yang mengendalikannya unutk bertindak dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelaku ekonomi tersebut dalam mengambil keputusan. Berikut adalah penjelasan mengenai prinsip ekonomi.

Pengertian Prinsip Dasar ekonomi

Definisi Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. Atau dapat dikatakan juga sebagai pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Secara Umum Prinsip Ekonomi adalah usaha dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan barang atau jasa sebesar-besarnya . Prinsip ini memang seakan-akan memperlihatkan bahwa tidak ada kata rugi dalam kegiatan ekonomi manusia. Dengan suatu pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Tujuan Prinsip Ekonomi

Tujuan seseorang dalam memegang prinsip ekonomi yaitu :
  1. Mendapatkan hasil atau keuntungan yang lebih maksimal.
  2. Menggunakan alat, kemampuan dan modal atau pengorbanan yang dimiliki
  3. Menghindari keinginan dan memperkecil segala resiko kerugian.
  4. Mengatur pengeluaran sesuai kemampuan yang dimiliki
  5. Prinsip ekonomi tersebut lebih bersifat teori yang dari sisi duniawinya

Jenis-Jenis Prinsip Ekonomi

  1. Prinsip Ekonomi Konsumen (Pengguna)
  2. Prinsip ekonomi penjual
  3. Prinsip ekonomi produsen
Dikutip Dari Berbagai Sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Prinsip Dasar ekonomi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Prinsip Dasar ekonomi"