.

Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya. Kegiatan ini dilakukan setiap hari oleh siapapun dengan tujuannya adalah untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya dan mencapai tingkat kemakmuran dalam arti terpenuhi berbagai macam kebutuhan, baik kebutuhan pokok maupun sekunder, kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Tingkat konsumsi memberikan gambaran tingkat kemakmuran seseorang atau masyarakat. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya

Definisi Konsumsi

Berikut adalah beberapa pengertian tentang Konsumsi yang antara lain adalah :
  1. Pengertian Konsumsi adalah perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga yang berupa barang- dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari orang yang melakukan perbelanjaan tersebut. Seangkan Barang-barang yang diproduksikan khusus untuk digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dinamakan barang konsumsi.
  2. Konsumsi adalah pengeluaran total untuk memperoleh barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu.
  3. Seperti dikutip wikipedia. Pengertian Konsumsi, adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung.
  4. Konsumsi adalah semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa yang digunakan dalam proses produksi tidak termasuk konsumsi, karena barang dan jasa itu tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang dan jasa dalam proses produksi ini digunakan untuk memproduksi barang lain
  5. Pengertian Konsumsi secara umum diartikan sebagai penggunaan barang-barang dan jasa yang secara langsung akan memenuhi kebutuhan manusia. Untuk dapat mengkonsumsi, seseorang harus mempunyai pendapatan, besar kecilnya pendapatan seseorang sangat menentukan tingkat konsumsinya.

Faktor- Faktor Konsumsi

Berikut adalah beberapa Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi antara lain adalah :
  1. Faktor ekonomi: house hold income, house hold wealth, barang-barang konsumsi tahan lama dalam masyarakat, interest rate, perkiraan tentang masa depan, kebijakan moneter mengenai ketimpangan distribusi, pendapatan.
  2. Faktor demografi, antara lain jumlah penduduk, komposisi penduduk,
  3. faktor-faktor non ekonomi antara lain Faktor sosial budaya

Ciri-ciri kegiatan konsumsi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri Konsumsi antara lain adalah
  1. Barang yang dikonsumsi haruslah barang ekonomi atau untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan ekonomi.
  2. Barang yang dikonsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan
  3. Barang yang digunakan, manfaatnya atau kegunaannya habis sekaligus atau habis berangsur-angsur.

Dikutip dari beberapa sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya"