.

Pengertian dan Kriteria Sumber Daya

Pengertian dan Kriteria Sumber Daya. Dalam mengelola sumber daya yang baik akan meningkatkan kesejahteraan, dan sebaliknya pengelolaan sumber daya yang tidak baik akan berdampak buruk. Oleh karena itu, persoalan mendasar sehubungan dengan pengelolaan sumber daya adalah bagaimana mengelola sumber daya tersebut agar menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya.

Pengertian dan Kriteria Sumber Daya

Definisi Sumber Daya

Berikut adalah beberapa pengertian / definisi tentang sumber daya yang antara lain adalah :
Pengertian sumber daya dalam ilmu ekonomi sudah dikenal sejak beberapa abad lalu. Ketika Adam Smith, bapak ekonomi menerbitkan buku “Wealth of Nation”nya pada tahun 1776, konsep sumber daya sudah digunakan dalam kaitannya dengan proses produksi. Dalam pandangan Adam Smith, sumber daya diartikan sebagai seluruh faktor produksi yang diperlukan untuk menghasilkan output.

Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible).

Ensiklopedia mendefinisikan sumber daya antara lain sebagai :
  1. Kemampuan untuk memenuhi atau menangani sesuatu,
  2. Sumber persediaan, penunjang atau bantuan,
  3. Sarana yang dihasilkan oleh kemampuan atau pemikiran seseorang.

Dalam pengertian umum, sumber daya didefinisikan sebagai sesuatu yang dipandang memiliki nilai ekonomi. Dapat juga dikatakan bahwa sumber daya adalah komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia.

Menurut Grima dan Berkes mendefinisikan sumber daya sebagai aset untuk pemenuhan kepuasan dan utilitas manusia.

Kriteria Sumber Daya

Rees Lebih Jauh Mengatakan Bahwa Sesuatu Untuk Dapat Dikatakan Sebagai Sumber Daya Harus Memiliki Dua Kriteria
  1. Harus ada pengetahuan, teknologi atau ketrampilan untuk memanfaatkannya
  2. Harus ada permintaan terhadap sumber daya tersebut
Jika Syarat Tersebut Tidak Terpenuhi Maka Sesuatu Itu Disebut Sebagai Barang Netral.

Dikutip dari berbagai sumber.

Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian dan Kriteria Sumber Daya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian dan Kriteria Sumber Daya"