.

Pengertian Dan Konsep Demokrasi Langsung

Pengertian Dan Konsep Demokrasi Langsung. Demokrasi yang pertama kali adalah demokrasi dengan ruang lingkup kecil yaitu bentuk demokrasi langsung. Maksudnya tidak mengenal istilah perwakilan. Demokrasi langsung biasa juga dikenal sebagai demokrasi bersih. Dimana rakyat memiliki kebebasan secara mutlak memberikan pendapatnya, dan semua aspirasi mereka dimuat dengan segera di dalam satu pertemuan.

Jenis demokrasi langsung ini hanya dapat dipraktikkan dalam kota kecil dan komunitas yang secara relatif belum berkembang, di mana secara fisik memungkinkan untuk seluruh elektrokat dapat bermusyawarah dalam satu tempat, walaupun permasalahan pemerintahan tersebut bersifat kecil. Demokrasi langsung ini berkembang di negara kecil seperti Yunani Kuno dan Roma. Demokrasi ini tidak dapat dilaksanakan di dalam masyarakat yang komplek dan negara yang besar.

Pengertian Dan Konsep Demokrasi Langsung


Definisi Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung adalah merupakan suatu bentuk demokrasi di mana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. Dalam sistem ini, setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi.

Secara umum dapat dikatakan bahwa Demokrasi langsung adalah demokrasi dimana rakyat secara langsung dapat menyalurkan kehendaknya dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh rakyat. Demokrasi tersebut dapat dijalankan apabila negara berpenduduk sedikit dan wilayahnya tidak luas serta masalah yang dihadapi negara pada waktu itu masih sangat sederhana.

Di era modern sistem ini menjadi tidak praktis karena pada umumnya populasi warga sebuah negara cukup besar dan untuk mengumpulkan seluruh masyarakat dalam satu forum merupakan hal yang sangat sulit. Selain itu, sistem ini menuntut partisipasi yang tinggi dari rakyat sedangkan rakyat modern cenderung tidak memiliki waktu untuk mempelajari semua permasalahan politik negara.

Konsep Demokrasi Langsung

Konsep demokrasi langsung‖ ini mewajibkan setiap warga negara untuk memainkan peran aktif dan langsung terhadap bagaimana kekuasaan dalam negara dijalankan oleh pemerintah dan oleh wakil-wakil rakyat mereka. Seluruh organisasi kemasyarakatan, kelompok kepentingan , media massa, dan lembaga keagamaan merupakan bagian penting diantaranya. Di dalam negara yang menganut demokrasi langsung, rakyat mengambil bagian secara pribadi dalam melakukan tindakan-tindakan.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi_langsung
Dan dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Konsep Demokrasi Langsung Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Dan Konsep Demokrasi Langsung"