.

Pengertian Dan Faktor Pembentukan Bangsa

Pengertian Bangsa. Manusia sebagai mahluk individu juga merupakan bagian dari kelompok sosial lebih besar yaitu bangsa. Nah Berikut ini adalah penjelasan mengenai Definisi Bangsa, Kondisi Wilayah Suatu Bangsa. Dan Faktor Pembentukan Bangsa.

Pengertian Dan Faktor Pembentukan Bangsa

Definisi Bangsa

Bangsa dapat diartikan kelompok orang yang lahir dalam satu garis keturunan atau wangsa, trah (Jawa) dan marga (Batak), namun bangsa yang dimaksud dalam konteks ini adalah sekelompok orang yang berada dalam suatu wilayah negara dan menyatakan diri sebagai masyarakat yang patuh pada peraturan penguasa. Bangsa adalah sekelompok manusia yang ingin bersatu dan bernegara, karena adanya keinginan untuk hidup bersama. Untuk lebih memahami konsep bangsa, kita dapat mengikuti beberapa pengertian tentang bangsa dari beberapa pengertian berikut ini :
  1. Menurut Ernest Renan. Bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama (hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung.
  2. Menurut Otto Bauer. Bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter. Karakteristik tersebut tumbuh karena adanya persamaan nasib.
  3. Menurut Hans Khon. Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak.
Kebanyakan bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Faktor-faktor itu berupa kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaan politik, perasaan dan agama.Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa bangsa merupakan kumpulan dari masyarakat yang membentuk negara.

Kondisi Wilayah Suatu Bangsa

Secara lebih lengkap suatu wilayah komunitas dapat disebut bangsa apabila telah terbentuk kondisi berikut :
  1. Sekelompok manusia yang menempati suatu wilayah tertentu dan merupakan suatu kesatuan wilayah
  2. Sekelompok manusia yang memiliki cita-cita bersama dan mempunyai sejarah hidup bersama, sehingga tercipta perasaan senasib sepenanggungan.
  3. Sekelompok manusia yang memiliki adat budaya serta kebiasaan yang sama sebagai akibat pengalaman hidup bersama.
  4. Sekelompok manusia yang terorganisasi dalam suatu pemerintahan dan berdaulat sehingga mereka terikat dalam suatu masyarakat hukum.

Faktor Pembentukan Bangsa

Faktor-faktor pembentukan suatu bangsa sangat berkaitan dengan identitas yang menyatukan masyarakat. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Primordial yang termasuk dalam faktor ini yaitu ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan adat istiadat.
  2. Sakral dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama dapat membentuk suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya dapat menimbulkan bangsa.
  3. Tokoh menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa karena bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  4. Sejarah merupakan salah satu faktor pembentukan bangsa karena sejarah dan pengalaman masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.
  5. Perkembangan Ekonomi dikatakan sebagai faktor pembentukan bangsa karena semakin meningkatnya perkembangan ekonomi semakin beragam pula kebutuhan masyarakat sehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yaitu bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.
Dikutip dari berbagai sumber.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Faktor Pembentukan Bangsa Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Dan Faktor Pembentukan Bangsa"