.

Pengertian Biologi Secara Lengkap

Pengertian Biologi Secara Lengkap. biologi merupakan suatu ilmu multidisipliner yang terkait erat dengan ilmu-ilmu lainnya. Ilmu biologi yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti dengan ilmu kimia telah melahirkan ilmu-ilmu baru seperti farmakologi, biologi molekuler, dan biokimia. Biologi juga terkait erat dengan ilmu lain seperti ilmu fisika seperti biofisika, radiobiologi, dan kedokteran nuklir. Dengan ilmu-ilmu social biologi berhubungan erat dan melahirkan ilmu-ilmu seperti: psikologi, antropologi, biogeografi dan sebaginya. Pengetahuan atau teori yang diungkapkan dalam Biologi berlaku untuk seluruh dunia. Contohnya, pengetahuan tentang bakteri berlaku umum untuk semua bakteri yang ada di dunia. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian dari biologi.

Pengertian Biologi Secara Lengkap

Definisi Biologi

Pengertian Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya

Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata bios dan logos. Bios berarti hidup dan logos berarti ilmu atau belajar tentang sesuatu”. Jadi biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang hidup serta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya.

Biologi adalah suatu disiplin ilmu sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA), yakni kajian tentang materi dan energi yang berhubungan dengan makhluk hidup serta proses-proses kehidupannya.

Biologi mengkaji semua makhluk hidup, tidak hanya tumbuhan dan hewan yang hidup di muka bumi ini, akan tetapi tumbuhan dan hewan yang hidup di masa lampau bahkan ditempat-tempat lain jika mungkin ada kehidupan.

Cabang Biologi

biologi dapat dibagi dalam beberapa cabang, yang antara lain adalah:
  1. Morfologi: mempelajari bentuk dan struktur suatu mahluk hidup.
  2. Fisiologi: amempelajari sifat faal dan cara kerja dari tubuh suatu organisme
  3. Embriologi: mempelajari perkembangan suatu organisme dari mulai zigot sampai menjadi dewasa.
  4. Ekologi: mempelajari interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.
  5. Mikrobiologi: mempelajari segala aspek kehidupan mikroorganisme yang berukuran mikroskopis.
  6. Taksonomi: mempelajari klasifikasi atau pengelompokkan makhluk hidup.
  7. Genetika: mempelajari tentang cara menurunnya sifat pada makhluk hidup.
  8. Evolusi: mempelajari suksesi dan perubahan-perubahan dari jenis makhluk hidup sepanjang waktu.
  9. Sitologi: mempelajari susunan dan fungsi sel.
  10. Patologi: mempelajari tenatang seluk beluk penyakit.
Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Biologi Secara Lengkap Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Biologi Secara Lengkap"