.

Pengertian Pengadilan Militer Pertempuran

Pengertian Pengadilan Militer Pertempuran. Kekuasaan Pengadilan Militer Pertempuran diamanatkan dalam Pasal 45 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer berikut adalah Pengertian Dan Kekuasaaan Pengadilan Militer Pertempuran

Pengertian Pengadilan Militer Pertempuran

Definisi Pengadilan Militer Pertempuran

Pengadilan Militer Pertempuran adalah merupakan badan pelaksana kekuasaan kehakiman di lingkungan militer yang bertugas untuk memeriksa dan memutus pada tingkat pertama dan terakhir perkara pidana yang dilakukan oleh prajurit di medan pertempuran. Karena berkedudukan di suatu medan pertempuran sebagai daerah hukumnya, Pengadilan Militer Pertempuran bersifat mobil atau selalu mengikuti kemana gerak pasukan pada saat pertempuran tersebut berlangsung.

Kedudukan Dan Kekuasaan

Pengadilan Militer ini bersidang untuk memeriksa dan memutus suatu perkara pidana dengan satu orang hakim ketua dan beberapa orang hakim anggota yang keseluruhannya selalu berjumlah ganjil, dihadiri seorang oditur militer atau oditur militer tinggi dan dibantu satu orang Panitera. Hakim ketua paling rendah berpangkat letnan kolonel, sedangkan hakim anggota dan oditur paling rendah berpangkat mayor.

Apabila terdakwa berpangkat letnan kolonel, hakim anggota dan oditur paling rendah berpangkat setingkat dengan terdakwa yang diadili. Apabila terdakwa berpangkat kolonel atau perwira tinggi (brigjen, mayjen, letjen atau jenderal), hakim ketua, hakim anggota dan oditur paling rendah berpangkat setingkat dengan terdakwa yang diadili.

Adapun kekuasaan Pengadilan Militer Pertempuran adalah memeriksa dan memutus pada tingkat pertama dan terakhir perkara pidana yang dilakukan prajurit. Pengadilan Militer Pertempuran bersifat mobil (bergerak), artinya Pengadilan Militer Pertempuran itu berpindah-pindah mengikuti perpindahan/gerak pasukan.

Dikutip Dari Berbagai Sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Pengadilan Militer Pertempuran Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Pengadilan Militer Pertempuran"