Widget HTML #1

Pengertian Besaran Turunan Beserta Contohnya

Pengertian Besaran Turunan Beserta Contohnya. Sebagai contoh volume = panjang × lebar × tinggi.  Panjang merupakan besaran pokok, satuannya meter;  lebar merupakan besaran pokok panjang dengan satuan meter; dan  tinggi juga merupakan besaran pokok panjang dengan satuan meter. Jadi, satuan volume m 3 (meter kubik) diturunkan dari satuan besaran panjang, yaitu m × m × m.

Pengertian / Definisi Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah Berat, Luas, Volume, Kecepatan, Percepatan,Massa Jenis, Berat jenis, Gaya, Usaha, Daya, Tekanan, Energi Kinetik, Energi Potensial, Momentum, Impuls, Momen inersia, dll.

Tabel besaran turunan :



No
Besaran
lambang
satuan
Lambang satuan
1
Luas
A
Meter persegi
m2
2
Volume
V
Meter Kubik
m3
3
Kecepatan
v
Meter Persekon
m/s
4
Percepatan
a
Meter persekon kuadrat
m/s2
5
Gaya
F
Newton
N=kg.m/s2
6
Usaha
W
Joule
J=kg.m2/s2
7
Daya
P
Watt
W=kg.m3/s2
 

Contoh besaran turunan

Pengertian Besaran Turunan Beserta Contohnya
Keterangan Gambar
  1. Kelajuan merupakan besaran turunan. Besaran kelajuan (v) diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu, yaitu jarak (s) dibagi waktu (t).
  2. Massa Jenis. Massa jenis (P) diturunkan dari besaran massa (m) dibagi volume (V). Volume sendiri diturunkan dari besaran panjang. Dengan demikian, massa jenis (P )
  3. Gaya. Gaya (F) diturunkan dari besaran massa (m) dikalikan percepatan (a). Percepatan diturunkan dari besaran kecepatan (v) dan waktu (t), sedangkan besaran kecepatan diturunkan dari besaran panjang (l) dan waktu (t).
  4. Muatan Listrik. Muatan listrik (Q) diturunkan dari besaran kuat arus listrik (I) dikalikan waktu (t).
  5. Molaritas Zat. Molaritas zat (M) diturunkan dari besaran banyak mol zat (N) dibagi volume (V), besaran volume diturunkan dari besaran panjang:
Dikutip dari berbagai sumber