.

Pengertian Besaran Pokok

Pengertian Besaran Pokok. Segala Sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka disebut besaran. Contoh besaran adalah panjang, massa, dan waktu. Besaran pada umumnya memiliki satuan. Panjang memiliki satuan meter, massa memiliki satuan kilogram, dan waktu memiliki satuan sekon. Ada beberapa besaran yang tidak memiliki satuan, misalnya indeks bias cahaya dan massa jenis relatif. 

Definisi / Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang tidak tergantung pada besaran-besaran yang lain. Besaran ini dapat diukur secara langsung dan dijadikan dasar besaran lainnya. Terdapat tujuh besaran pokok, yaitu  panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan  banya k molekul zat. Setiap besaran tersebut mempunyai satuan tertentu. Satuan yang dimiliki besaran pokok disebut  satuan pokok  atau satuan dasar. Satuan untuk tiap-tiap besaran pokok dapat kalian ketahui dalam tabel berikut.

Besaran Pokok dan Satuannya

No
Besaran Pokok
Satuan
Singkatan
1.
Panjang
meter
m
2.
Massa
kilogram
Kg
3.
Waktu
sekon atau detik
s atau det.
4.
Suhu
kelvin
k
5.
Kuat arus listrik
ampere
A
6.
Intensitas cahaya
Kandela
Kd
7.
Banyak molekul zat
mole
mol
 
Penggunaan bermacam-macam satuan untuk suatu besaran ini menimbulkan kesulitan.
  1. Diperlukannya bermacam-macam alat ukur yang sesuai dengan satuan yang digunakan.
  2. Kerumitan konversi dari satu satuan ke satuan lainnya, misalnya dari jengkal ke kaki. Ini disebabkan tidak adanya keteraturan yang mengatur konversi satuan-satuan tersebut.
Dikutip dari berbagai sumber.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Besaran Pokok Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Besaran Pokok"