Widget HTML #1

Pengertian / Definisi Massa Jenis

Pengertian / Definisi Massa Jenis. Kegiatan atau alat yang menerapkan konsep massa jenis sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya:  penggunaan ban pelampung, pembuatan rakit menggunakan batang pisang, dan hanyutnya batang kayu di permukaan sungai. Pelampung, batang kayu, dan rakit terapung di air karena massa jenis benda-benda tersebut lebih kecil dari massa jenis air.

Pengertian / Definisi Massa Jenis


Massa jenis suatu zat adalah bilangan yang menyatakan massa zat (besaran massa) itu dalam tiap satuan volumenya (dari besaran panjang).

Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air). Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik

Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama.

Rumus untuk menentukan massa jenis


Sebagai Contoh Jeruk jenis yang masih utuh dan belum dikupas jika dimasukkan ke dalam air, jeruk tersebut akan mengapung. Mengapa demikian? Gelembung-gelembung udara yang ada di dalam kulit jeruk membuat jeruk tersebut menjadi lebih ringan, sehingga jeruk dapat mengapung di air. Bagaimana jika kulitnya dikupas? Jika kulit jeruk tersebut dikupas, massa jenisnya akan bertambah, sehingga jeruk tersebut dapat melayang di dalam air atau bahkan tenggelam ke dasar air.

Sumber
Ipa terpadu
Wikipedia.org