.

Pengertian Tekstil Dan Jenisnya

Pengertian Tekstil Dan Jenisnya. Kata tekstil dalam bahasa Indonesia adalah merupakan kata serapan dari bahasa Inggris textile, meskipun kata textile itu sendiri diketahui berasal dari kata bahasa Latin, texere yang berarti lembaran. Yang perlu diketahui Tekstil telah jadi bagian dari gaya hidup dan teknologi, karena tekstil tidak hanya menjadi busana, tapi juga untuk tekstil di industri. 

Pengertian Tekstil Dan Jenisnya

Pengertian Tekstil

Menurut Wikipedia Tekstil adalah material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang. Tekstil dibentuk dengan cara penyulaman, penjahitan, pengikatan, dan cara pressing. Istilah tekstil dalam pemakaiannya sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain. Namun ada sedikit perbedaan antara dua istilah ini, tekstil dapat digunakan untuk menyebut bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain merupakan hasil jadinya, yang sudah bisa digunakan.

Tekstil juga dapat diartikan sebagai jalinan antara lungsin dan pakan atau dapat dikatakan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain , tenunan dan rajutan.

Tekstil biasa juga disebut sebagai material lembaran yang fleksibel terbuat  dari benang dari hasil pemintalan serat pendek (stapel) atau serat berkesinambungan (filamen) yang kemudian ditenun, dirajut  atau  dengan  cara  penyatuan serat berbentuk lembaran menggunakan atau tanpa bahan perekat yang dipres (disebut non-woven  fabrics).

Motif dan penggunaan tekstil sebagai busana dibentuk dengan cara penyulaman, penjahitan, pengikatan, dan lain sebagainya. Tekstil sudah menjadi barang umum sehari-hari, meskipun demikian keberadaan tekstil dalam sejarah selalu bersinggungan dengan budaya, kekuasaan, politik, penaklukan dan tidak jarang  dengan  peperangan atau menggambarkan suasana damai dan kemakmuran masyarakatnya.

Tekstil dikelompokan menurut jenisnya

  1. Berdasarkan jenis product/bentuknya:serat staple, serat filamen, dan benang kain product jadi
  2. Berdasarkan jenis bahannya:serat alam, serat sintetis dan serat campuran
  3. Berdasarkan jenis warna/motifnya:putih, berwarna, bermotif/bergambar
  4. Berdasarkan jenis konstruksinya: tenun,rajut,renda,kempa,benang tunggal,benang ginti

Berdasarkan kegunaannya bahan tekstil dikelompokan sebagai berikut

  1. Keperluan busana (apparel textile) untuk kemeja, celana, pakaian dalam, pakaian sehari-hari, sepatu, kaus kaki dan sejenisnya
  2. Keperluan militer (military textile) untuk pakaian tempur, parasut, tenda, ransel dan lain lain.
  3. Keperluan medis (hospitality textile) untuk perban, pakaian dokter / perawat saat bekerja, baju pasien, perlengkapan pasien saat dirawat di rumah sakit dan sebagainya.
  4. Keperluan  penyangga  struktur  tanah  menggunakan geotextile,  yaitu sejenis  serat  poliester dengan pembuatankhusus.
  5. Keperluan  industri  (industrial  textile)  kemasan  produk, belt,  tali, conveyor,  pakaian  kerja sesuai profesi misal pakaian montir, operator mesin dan lainnya.
  6. Keperluan olah raga (sport wear and sport textile) untuk pakaian olah raga yang berbeda-beda desain dan spesifikasinya misal sepak bola, tenis, renang juga keperluan tekstil lainnya seperti net pingpong, layar dan banyak lagi sesuai dengan berbagai jenis cabang olah raga.
Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Tekstil Dan Jenisnya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Tekstil Dan Jenisnya"