.

Seputar Pengertian Transmigrasi

Seputar Pengertian Transmigrasi. Salah satu alasan mengapa pemerintah melaksanakan program transmigrasi karena adanya Kemiskinan yang sifatnya laten dan tidak mudah diatasi. Sebab Kemiskinan adalah masalah yang harus secepatnya diselesaikan karena menjadi hambatan dalam upaya mensejahterakan rakyat. Oleh karena itu dengan diadakannya program transmigrasi dapat memberikan sumbangsih nyata dalam upaya menurunkan angka kemiskinan sebab melalui program transmigrasi dapat mengatasi sumber penyebab terjadinya kemiskinan yang membuat keluarga miskin sulit lepas dari jeratan kemiskinan.


 Seputar Pengertian Transmigrasi
Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan Transmigrasi. Berikut adalah pengertian Transmigrasi.

Transmigrasi adalah salah satu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk (kota) ke daerah lain (desa) di dalam wilayah Indonesia. Penduduk yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.

Atau Juga Dapat dikatakan Bahwa Transmigrasi adalah merupakan perpindahan penduduk yang memiliki tujuan dalam transmigrasi yang dilakukan, sebab pengertian transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah yang padat ke daerah yang kurang padat tetapi masih dalam lingkungan satu negara.

Dengan adanya Program Transmigrasi maka dapat menciptakan solusi dalam rangka membuka selebar-lebarnya akses keluarga miskin terhadap pekerjaan atau usaha mandiri dengan penghasilan yang layak. yang nantinya setiap keluarga transmigran akan mendapatkan jatah lahan untuk digarap, rumah tinggal sederhana, sarana dan peralatan secukupnya, penyuluhan, dan biaya hidup.

Program transmigrasi menjadi solusi bagi Pemerintah Daerah untuk membangun kawasan yang sulit berkembang, dengan mendatangkan transmigran yang memiliki skill dan pengalaman untuk mengolah potensi sumberdaya yang ada untuk membangun dan mengembangkan kawasan tersebut menjadi kawasan ekonomi yang produktif, maju dan sejahtera," jelas dia.

Transmigrasi dapat mengatasi masalah kemiskinan dengan memberikan lahan dan kesempatan baru bagi para masyarakat miskin. Dengan adanya Transmigrasi secara tidak langsung akan menguntungkan Indonesia dalam meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam di pulau-pulau yang kurang padat penduduk.

Selain mengatasi kemiskinan transmigrasi dapat menyatukan seluruh bangsa dengan menciptakan identitas nasional Indonesia yang tunggal yang menggantikan identitas daerah. Pemerintah Indonesia secara resmi menyatakan bahwa tidak ada pemisahan "suku pribumi" dan pendatang di Indonesia, karena Indonesia adalah negara "suku pribumi yang dijalankan dan dipimpin oleh pribumi untuk pribumi".

Berikut adalah Tujuan Transmigrasi
  1. Dapat Menyatukan Seluruh Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa.
  2. Membuka daerah dari yang padat ke yang kurang penduduknya dan meningkatkan potensi ekonomi daerah itu
  3. Memperkuat pertahanan dan keamanan nasional.
  4. Meningkatkan produksi hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian
  5. Meningkatkan taraf hidup rakyat
  6. Secara sosial budaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
  7. Memeratakan persebaran penduduk.

Sumber
dikutip dari berbagai sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Transmigrasi
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Transmigrasi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Transmigrasi"