.

Seputar Pengertian Sumpah Pemuda

Seputar Pengertian Sumpah Pemuda. Sejarah  mencatat  bahwa betapa  kelompok  pemuda  menginginkan adanya persatuan dan kesatuan di antara seluruh  bangsa  Indonesia.  Sehingga Peristiwa tersebut menjadi begitu monumental, dan dijadikan sebagai salah satu tonggak kebangkitan rasa nasionalisme kebangsaan.

Pada Peristiwa   28   Oktober   1928   lebih   mentengarai   betapa   masyarakat - bangsa  Indonesia  yang memiliki kurang lebih 358 suku  bangsa, dan 200 sub -suku bangsa  pada awal - awal  kehadiran  negara  ini  menginginkan  format  berbangsa  yang  satu,  berbahasa satu  dalam  lingkup  tanah  air  yang  satu,  Indonesia.  Artinya,  masa  itu  para  elit  pemegang kebijakan   pada   masing-masing  “bangsa”,  menyadari  perlunya  persatuan  di  antara perbedaan “bangsa” yang mereka miliki.

Seputar Pengertian Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar dalam sumpah pemuda ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sedangkan Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.
  1. Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Perubahan negeri ini banyak dipengaruhi oleh pemuda. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang kemudian dikenal sebagai momentum Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 menjadi sejarah dan juga sebuah bukti bahwa pemuda memiliki semangat yang tinggi dalam upaya perbaikan negerinya. 

Semangat baru ini dikobarkan para pemuda ditengah masa penjajahan. Dengan satu tujuan mencapai cita ‐ cita negara Indonesia yang berdaulat. Berbagai peristiwa mewarnai perjuangan mereka dan rela berkorban hanya untuk  mengedepankan persatuan, kesatuan, dan tujujan kemerdekaan. Pada saat itu, orang berbicara tentang pentingnya kesatuan, karena melihat kondisi kehidupan masyarakat terpecah ‐ pecah oleh kolonialisme Belanda. 

Dan kini, kita sebagai generasi penerus bangsa perlu merenungi  kembali makna sumpah pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan serta keinginan bersatu yang tinggi. Tapi apakah ikatan kita sebagai sebuah bangsa sudah kuat dan kokoh. Ini perlu jadi renungan para tokoh bangsa. Ketika tanah air ini aman ‐ aman saja, apakah semangat nasional jadi luntur, semangat kebangsaan ikut memudar.

Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Sumpah Pemuda Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Sumpah Pemuda"