.

Seputar Pengertian Kesenian

Seputar Pengertian Kesenian.  Kesenian merupakan hasil proses kreasi dari masyarakat. Ketika kesenian itu masih berfungsi bagi masyarakatnya, maka selama itu pula kesenian tersebut memiliki nilai bagi masyarakatnya baik itu nilai pendidikan, nilai religius, nilai sosial, nilai hiburan, nilai moral, nilai etika, nilai estetika dan sebagainya. Kesenian akan memiliki nilai bagi masyarakat ketika kesenian tersebut masih dibutuhkan dan berfungsi. Sebaliknya, jika suatu karya seni sudah tidak memiliki fungsi bagi masyarakat, maka hilanglah nilai-nilai yang ada dalam kesenian tersebut.

Kata kesenian berasal dari bahasa Sansekerta “Seni” yang artinya persembahan, pelayanan, pemberian. Hal itu berkaitan dengan kepentingan keagamaan yaitu kepentingan sesaji atau persembahan terhadap dewa. Dalam bahasa Jawa Kuno terdapat kata Sanidya yang artinya pemusatan pikiran, tanpa pemusatan pikiran maka tidak akan tercipta seni. Dengan adanya  pemusatan  pikiran  akan  membantu  manusia  dalam mengekspresikan pengalaman pribadinya yang indah secara langsung yang diungkapkan lewat gerak dan sikap untuk menciptakan suatu bentuk kesenian.

Keseniaan merupakan hasil dari unsur budaya manusia, yaitu rasa. kesenian adalah bermain dengan menghasilkan bentuk transformasi representatif yang estetik.

Menurut Kuntjaraningrat Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Menurut william Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

Menurut Irving Stone Kesenian adalah kebutuhan pokok. Seperti  roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian adalah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.

Kesenian adalah salah satu unsur yang keberadaanya sangat diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kesenian merupakan sesuatu yang hidup senafas dengan mekarnya rasa keindahan yang tumbuh dalam sanubari manusia dari masa ke masa dan hanya dapat dinilai dari ukuran rasa. Seni merupakan kreasi bentuk-bentuk simbolis dari perasaan manusia.

Kesenian merupakan bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos berfungsi menentukan norma untuk perilaku yang teratur serta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Dikutip Dari Berbagai Sumber.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Kesenian Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Kesenian"