.

Pengertian Suku Bunga

Pengertian Suku Bunga. Bunga bagi bank bisa menjadi biaya yang harus dibayar kepada penabung namun juga bunga merupakan pendapatan bank yang diterima dari debitur karena kredit yang diberikan oleh bank.

Menurut Eugene A Duilio suku bunga adalah harga yang dibebankan oleh unit ekonomi yang mengalami surplus (unit Surplus) pada unit ekonomi yang mengalami defisit (unit defisit) atas pinjaman yang diberikan dari tabungannya.

Dalam dunia perbankan, suku bunga ditentukan oleh dua kekuatan yaitu penawaran tabungan dan permintaan investasi modal (terutama dari sektor bisnis). Bunga pada dasarnya berperan sebagai pendorong utama agar masyarakat bersedia untuk menyimpan uangnya dibank. 

Menurut frank J Fabozzi suku bunga adalah harga yang dibayar “peminjam” kepada “Pihak yang meminjamkannya” untuk pemakaian sumber daya selama interval waktu tertentu, jumlah pinjaman yang diberikan disebut prinsipal dan harga yang dibayar biasanya diekspresikan sebagai persentase dari prinsipal per unit waktu.

Menurut kasmir suku bunga adalah sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank.

Menurut Kunarjo menyatakan bahwa suku bunga adalah harga yang harus dibayar dari setiap dolar yang dipinjam pertahun dinyatakan baik dalam perbandingan atau dalam persentase.

Menurut sunariyah suku bunga adalah harga dari pinjaman, suku bunga dapat dinyatakan sebagai persentase uang pokok per unit waktu, bunga merupakan suatu ukuran harga sumber daya yang digunakan oleh debitur dan harus dibayarkan kepada debitur.

Menurut sadono sukimo suku banga adalah persentase pendapatan yang diterima oleh para penabung dari tabungan uang yang disisihkannya. Dan merupakan persentase pendapatan yang harus dibayar oleh peminjam dana.

Menurut samuelson bunga adalah pembayaran yang dilakukan untuk penggunaan uang. Suku bunga  adalah jumlah bunga  yang dibayarkan per unit waktu yang disebut sebagai persentase dari jumlah yang dipinjamkan.

Menurut bringham dan houston suku bunga adalah jumlah bunga yang dibayarkan per unit waktu yang disebut sebagai persentase dari jumlah yang dipinjamkan.

Menurut Karl pada tingkat suku bunga yang tinggi maka tinggi pula biaya untuk menahan uang. Yang apabila suku bunga meningkat masyarakat akan mengambil keuntungan yang lebih tinggi dari yang ditanamnya.

Menurut Ni Nyoman Aryaningsih suku bunga adalah merupakan sejumlah rupiah yang harus dibayarkan akibat telah mempergunakan dana sebagai balas jasa. Perubahan suku bunga merupakan perubahan dalam permintaan uang/kredit.

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Suku Bunga Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Suku Bunga"