.

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi. Biasanya puisi berisi sesuatu pesan, kritikan bahkan perasaan cinta... yang terdiri dari rangkaian kata-kata yang indah... berikut adalah beberapa pengertian tentang puisi.

Secara etimologis istilah puisi berasal dari kata bahasa Yunani poites , yang artinya pembangun, pembentuk, pembuat. Dalam bahasa Latin dari kata poeta , yang artinya membangun, menyebabkan, menimbulkan, menyair. 

Seperti dikutip dari wikipedia. Puisi adalah merupakan seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Beberapa orang mengartikan puisi bukan sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya. Jika anda memperhatikan puisi biasanya ada yang hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Dalam penulisan puisi seorang penulis biasanya menyisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Akan tetapi tahu kah anda bahwa Di beberapa daerah di Indonesia puisi juga sering dinyanyikan dalam bentuk pantun. 

Menurut Lescelles Abercrombie mengatakan bahwa puisi adalah ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam ucapan atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.

Menurut Kamus Istilah Sastra puisi adalah merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Menurut Percy Byssche Shelly puisi adalah merupakan rekaman dari saat - saat yang paling baik dan paling senang dari pikiran - pikiran yang paling senang.

Menurut Putu Arya Tirtawirya puisi adalah merupakan ungkapan secara implisit, samar dengan makna yang tersirat di mana kata-katanya condong pada makna konotatif.

Menurut Ralph Waldo Emerson puisi adalah mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sesedikit mungkin.

Menurut William Wordsworth puisi adalah merupakan peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.

Menurut Watt Dunton puisi adalah merupakan ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Puisi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Puisi"