.

Pengertian Dan Contoh Etika normatif

Pengertian Dan Contoh Etika normatif. Merupakan Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Oleh karena itu Etika Normatif merupakan norma-norma yang dapat menuntun agar manusia bertindak secara baik dan menghindarkan hal-hal yang buruk, sesuai dengan kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat.

Etika normatif tersebut tidak lagi menjelaskan tentang gejala-gejala, melainkan tentang apa yang sebenarnya harus merupakan tindakan kita. Dalam etika normatif, norma-norma dinilai, dan sikap manusia ditentukan. Etika Normatif memberi penilaian dan himbauan kepada manusia untuk bertindak sebagaimana seharusnya berdasarkan norma-norma. dan menghimbau manusia untuk bertindak yang baik dan menghindari yang tindakan yang jelek.

Etika normatif yang berkaitan dengan masalah moral merupakan topik  bahasan yang paling menarik. Penilaian baik dan buruk mengenai tindakan seseorang atau kelompok masyarakat tertentu dalam etika normatif selalu dikaitkan dengan norma  – norma yang dapat menuntun manusia untuk  bertindak secara baik dan menghindarkan hal hal yang buruk sesuai dengan kaidah dan norma yang disepakati dan yang berlaku di masyarakat.

Suatu tindakan atau perbuatan manusia selalu mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Artinya ada arah dan sasaran dari tindakan atas hidup yang dijalankan. Contoh dari Etika Normatif. ada etika yang bersifat individual seperti kejujuran,disiplin diri,mengerjakan tugas. Selain itu contoh etika normative adalah etika dalam berbisnis.

Contoh penerapan etika normatif adalah,
  1. Kebiasaan menggunakan NARKOBA harus dapat dihindari karena dapat merusak organ tubuh (menyiksa diri sendiri)
  2. Menolak kebiasaan aborsi karena termasuk tindakan menghilangkan nyawa orang lain dan menyiksa diri sendiri.
  3. Dilarang menghilangkan nyawa orang lain yang tidak bersalah 
  4. Kebiasaan minum minuman keras harus dapat dihindari, karena dapat mengakibatkan hilangnya  kesadaran manusia dan merusak organ tubuhnya.
  5. Menolak kebiasaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) karena dapat merugikan orang lain.
  6. Kebiasaan prostitusi, harus dapat dihindari, karena bertentangan dengan martabat manusia.

Etika normatif tidak menggambarkan, tetapi menentukan benar tidaknya suatu perbuatan. Etika normatif bertujuan merumuskan prinsip-prinsip etis yang dapat dipertanggungjawabkan secara rasional dan dapat dipergunakan dalam praktek.

Dikutip Dari Berbagai Sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Contoh Etika normatif Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Dan Contoh Etika normatif"