.

Pengertian Dan Metode Sensus Penduduk

Pengertian Dan Metode Sensus Penduduk. Sensus merupakan penghitungan jumlah penduduk, ekonomi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, dilakukan secara serentak, dan bersifat menyeluruh dalam suatu batas negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan.

Pengertian Sensus Penduduk

Sensus penduduk adalah kegiatan yang dilakukan dengan mengambil data-data penduduk disuatu  wilayah  berdasarkan  jumlah  penduduk  laki-laki,  jumlah  penduduk perempuan,  jenis kelamin, ratio, dan kepadatan  penduduk.

Baca Juga Pengertian Dan Tujuan Sensus Ekonomi

Pengertian Dan Metode Sensus Penduduk

Sensus penduduk merupakan suatu konsep georafi sosial yang jika dilihat dari sejarah aktivitasnya, “sensus penduduk” merupakan salah satu kegiatan statistik tertua dan terluas yang dilakukan oleh pemerintah di seluruh duia yang dahlunya lebih berorientasi untuk taksiran kekuatan militer dan perpajakan. Sensus juga dikembangkan untuk mengumpulkan informasi mengenai perumahan, sektor manufaktur, pertanian industri pertambangan, dan dunia bisnis.

Baca Juga Pengertian Penduduk.

Metode sensus Penduduk :

  1. Sensus Penduduk dengan Metode Householder. Pada metode Householder, pengisian daftar pertanyaan tentang data kependudukan diserahkan kepada penduduk atau responden, sehingga penduduk diberi daftar pertanyaan untuk diisi dan akan diambil kembali beberapa waktu kemudian. Metode semacam ini hanya dapat dilakukan pada daerah yang tingkat pendidikan penduduknya relatif tinggi, karena mereka mampu memahami dan menjawab setiap pertanyaan yang diserahkan kepada mereka.
  2. Sensus Penduduk dengan Metode Canvaser. Pada metode Canvaser, pengisian daftar pertanyaan tentang data kependudukan dilakukan oleh petugas sensus dengan cara mendatangi dan mewawancarai penduduk atau responden secara langsung. Petugas sensus mengajukan pertanyaan-pertanyaan sesuai daftar dan penduduk yang didatangi menjawab secara lisan sesuai dengan keadaan atau kondisi yang sebenarnya.
Baca Juga Pengertian Sensus Pertanian

Berdasarkan status tempat tinggal penduduknya, sensus dapat dibedakan menjadi sensus de facto dan sensus de jure. Berikut ini perbedaan sensus penduduk antara metode sensus de facto dan metode sensus de jure.
  1. Sensus De Facto. Pada metode De Facto, pencatatan dilakukan oleh petugas pada setiap orang yang ada di daerah tersebut pada saat sensus diadakan. Metode sensus ini tidak membedakan antara penduduk asli yang menetap ataupun penduduk yang hanya tinggal sementara waktu.
  2. Sensus De Jure. Pada metode De Jure, pencatatan penduduk dilakukan oleh petugas hanya untuk penduduk yang secara resmi tercatat dan tinggal sebagai penduduk di daerah tersebut pada saat dilakukannya sensus, sehingga dapat dibedakan antara penduduk asli yang menetap dan penduduk yang hanya tinggal untuk sementara waktu atau yang belum terdaftar sebagai penduduk setempat. Dengan menggunakan sensus de jure, penduduk yang belum secara resmi tercatat sebagai penduduk di daerah tersebut tidak disertakan dalam penghitungan.
Manfaat sensus dengan mengumpulkan data-data sensus kependudukan seringkali digunakan sebagai landasan alokasi atau pembagian wilayah administratif. Data sensus juga digunakan secara luas oleh pemerintah di berbagai negara untuk mengadakan perencanaan dan pelaksanaan berbagai fungsi pemerintah.

Baca Juga Seputar Pengertian perencanaan

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Metode Sensus Penduduk Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

1 Response to "Pengertian Dan Metode Sensus Penduduk"

  1. terimakasih infonya gan, tugas sekolah saya jadi selesai

    ReplyDelete