Widget HTML #1

Pengertian Dan Manfaat Manasik Haji

DuniaPengertian.com - Apa Yang dimaksud Manasik Haji...? Bagi Calon Haji Melakukan Manasik Haji Sangat Penting sebab dapat memberikan Manfaat dan pembelajaran sebelum melakukan ibadah haji. Nah bagaimana jika Manasik Haji Dilaksanakan Disekolah dan diterapkan bagi anak-anak sejak usia dini.

Apa Itu Manasik Haji..?

Manasik Haji adalah petunjuk/penjelasan cara mengerjakan dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur ka’bah dan dilaksanakan sebelum berangkat ke tanah suci.

Baca Juga : Pengertian Ihram Dalam Ibadah Haji

Maka dapat disimpulkan bahwa Manasik haji adalah tatacara dan pelaksanaan ibadah haji, dan merupakan hak yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan Haji.

Pengertian Dan Manfaat Manasik Haji


Manasik haji dilakukan untuk dapat  memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Tujuan dari diadakannya manasik haji adalah untuk mempermudah calon Jama’ah Haji dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon Jama’ah Haji yang mandiri dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Baca Juga : Seputar Pengertian Umrah

Apa Saja Manfaat Manasik Haji

1. Dapat Mengetahui Tentang doa-doa sunah mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke Indonesia dari Makkah.

2. Dapat memberikan pemahaman mana yang wajib, rukun, sunah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.

3. Dapat Mengetahui kondisi Makkah dan Madinah yang akan berguna untuk persiapan ibadah haji nantinya.


4. Dapat saling mengenal jamaah lain sehingga saat di Makkah dapat saling membantu.

5. Diajarkan Bahasa Arab untuk percakapan ringan di Makkah nantinya.
Sampai Saat ini Manasik Haji Telah dipraktekan atau diterapkan disekolah guna memberikan pemahaman kepada siswa tentang tatacara melakukan ibadah haji.

Semoga kita diberikan reski untuk dapat melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga : Seputar Pengertian Wukuf

Dikutip Dari Beberapa Sumber.