.

Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok

Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok. Istilah bimbingan kelompok mengacu kepada aktivitas-aktivitas kelompok yang berfokus kepada penyediaan informasi atau pengalaman lewat aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisir yang bertujuan menyediakan informasi melalui aktivitas kelompok. 

Menurut Romlah bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok untuk membahas topik-topik yang bersifat umum.

Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok

Layanan bimbingan kelompok yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh berbagai bahan dari nara sumber tertentu dan/atau membahas secara bersama-sama pokok bahasan tertentu yang berguna untuk menunjang pemahaman dan kehidupan sehari-hari dan/atau untuk perkembangan dirinya baik sebagai individu maupun sebagai pelajar dan untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan/atau tindakan tertentu.

Menurut Gazda layanan bimbingan kelompok disekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyususun rencana dan keputusan yang tepat. Dengan kata lain layanan bimbingan kelompok difokuskan pada pemberian informasi untuk membantu siswa dalam menyusun rencana atau mengambil sebuah keputusan.

Dari berbagai pendapat tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok sebagai kegiatan kelompok yang memanfaatkan dinamika kelompok sebagai media untuk membahas topik umum dengan panduan seorang narasumber atau pemimpin kelompok.

Tujuan Bimbingan Kelompok
Bimbingan kelompok diorganisasikan untuk mencegah berkembangnya problem. Secara tidak langsung hal ini menjelaskan, bahwa layanan bimbingan kelompok memiliki fungsi pencegahan. Fungsi pencegahan yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan tercegahnya atau terhindarnya anggota kelompok dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul yang akan dapat mengganggu, menghambat ataupun menimbulkan  kesulitan  dan  kerugian-kerugian  tertentu  dalam  proses perkembangannya.

Berdasarkan fungsinya layanan bimbingan kelompok dapat dikelompokkan memiliki dua tujuan.
  1. Layanan bimbingan kelompok sebagai upaya pencegahan (preventif) terhadap problematika yang sering dijumpai oleh penerima manfaat.
  2. Layanan bimbingan kelompok sebagai upaya untuk menjaring atau menyeleksi anggota kelompok tertentu untuk memperoleh layanan yang lebih optimal melalui layanan konseling kelompok atupun layanan konseling individual.
Berdasarkan penjelasan tentang tujuan diselenggarakan layanan bimbingan kelompok maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok bertujuan untuk membantu individu guna memperoleh informasi, wawasan dan pengalaman yang digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan atau perubahan sikap dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok"