.

Seputar Pengertian SEA Games

Seputar Pengertian SEA Games. Ajang olahraga terbesar se Asia Tenggara, atau biasa disebut Sea Games dinilai efektif menjadi sarana promosi pariwisata sekaligus menumbuhkan sektor ekonomi kreatif di daerah khusunya untuk Negara penyelenggara. Sebab olahraga dan pariwisata tidak bisa dipisahkan, keduanya bersifat saling melengkapi. Akan menjadikan event olahraga se-Asia Tenggara itu sebagai salah satu sarana promosi wisata. Selain meningkatkan ekonomi suatu Negara Sea Games ajang persahabatan antar Negara-negara se Asia tenggara. Berikut adalah sejarah singkat terbentuknya Sea Games.
SEA Games berkaitan erat dengan Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara (Southeast Asian Peninsular Games) atau disingkat SEAP Games. SEAP Games pertama kali dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit, yang menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Dengan tujuan untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara. Negara-Negara Pelopor yang antara lain Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja kemudian Negara tersebut setuju untuk mengadakan ajang ini dua tahun sekali. Selain itu dibentuk juga Komite Federasi SEAP Games. SEAP Games pertama diadakan di Bangkok dari 12 sampai 17 Desember 1959, diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga dalam 12 cabang olahraga.

Pada SEAP Games VIII tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini masuk secara resmi pada 1977, dan pada tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), dan ajang ini menjadi SEA Games. Brunei dimasukkan pada Pesta Olahraga Asia Tenggara X di Jakarta, Indonesia, dan Timor Leste di Pesta Olahraga Asia Tenggara XXII di Hanoi, Vietnam.

Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Peraturan pertandingan di SEA Games di bawah naungan Federasi Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Berikut adalah Negara-negara yang ikut serta dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games):

Nama Negara
Awal Debut
Kode
 Kamboja
1959
CAM
 Laos
1959
LAO
 Malaysia
1959
MAS
 Myanmar
1959
MYA
 Singapura
1959
SIN
 Thailand
1959
THA
 Vietnam
1959
VIE
 Brunei Darussalam
1977
BRU
 Indonesia
1977
INA
 Filipina
1977
PHI
 Timor Leste
2003
TLS

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_Tenggara
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian SEA Games Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian SEA Games"