.

Seputar Pengertian Mudik

Seputar Pengertian Mudik. Inilah kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menghadapai hari raya. Oleh karena itu mudik dapat diartikan sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan oleh para perantau/pekerja untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang digunakan antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh.

Seputar Pengertian Mudik

Sedangkan menurut KBBI Mudik berasal dari kata ‘udik’ yang diartikan sebagai sungai yang sebelah atas (arah dekat sumber); (daerah) di hulu sungai. kemudian secara lebih luas lagi ‘udik’ diartikan menjadi desa; dusun; kampung (lawan kota). Dari akar kata ‘udik’ inilah KBBI mendefinisikan ‘mudik’ menjadi (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman) atau lebih luasnya dimaknai pulang ke kampung halaman.

Bagi para pekerja atau perantau hari raya dipergunakan untuk Mudik agar dapat berkumpul kembali dengan keluarganya dikampung halamannya. Momen mudik seperti ini biasa digunakan sebagai ajang pelepas rindu akan kampung halaman, ajang silaturahmi ke sanak keluarga yang jarang sekali ditemui karena saling berjauhan tempat kerjanya, ajang menjalin kembali keakraban yang mungkin sudah mulai pudar karena selama setahun masing-masing orang sibuk dengan pekerjaannya sendiri-sendiri.

Makna Yang dapat diperoleh dari Mudik :
  1. Dengan mudik secara tidak langsung adalah merupakan suatu bentuk bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya, sebab walaupun jauh dari orang tua namum seseorang anak akan selalu mengingat untuk bertemu orang tuannya.
  2. Dengan Mudik anda dapat menunjukkan bahwa bagaimanapun juga yang namanya hubungan keluarga itu tidak akan pernah putus. Mudik adalah salah satu momen yang mana akan mengingatkan  kita bahwa terpisah sejauh apapun yang namanya hubungan keluarga akan terus dibawa, bahkan sampai mati.
  3. Mudik adalah momen yang mengingatkan bahwa kita tidak boleh lupa akan asal-usul kita. tetap kita harus dan wajib mengingat asal-usul kita supaya kita tidak sombong.
  4. Dengan mudik, kita telah menyatukan kebhinekaan sosial, budaya, adat dan istiadat. Saling berbagi kisah dan pengalaman dari daerah rantaunya masing-masing. Saling mencicipi oleh-oleh khas dari daerah rantaunya masing- masing.
Tapi dizaman sekarang ini mudik dilakukan bukan semata untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama orang tua dan keluarga tetapi dijadikan sebagai ajang pamer kesuksesan, berlomba-lomba menunjukkan pencapaiannya selama berada di perantauan. Apakah hal ini yang anda lakukan ketika anda Mudik. Mudah-mudahan tidak….

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Mudik
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Mudik Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

3 Responses to "Seputar Pengertian Mudik"

  1. inget nih gan kalo mau mudik siap sedia dulu deh segalanya. baik badan, kendaraan, dan segala macemnya. termasuk tiket gan. harus udh ada tiket. kalo semisalnya ga dapet2, coba ikut kuis mudik gratis aja gan. ikikikik

    ReplyDelete