.

Seputar Pengertian Tataruang perkantoran

Seputar Pengertian Tataruang perkantoran. Tataruang perkantoran adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara terperinci dari ruang untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang tidak begitu besar atau Sewajarnya.

Tataruang perkantoran juga menentukan kelancaran penatalaksanaan tatausaha yang baik dari suatu organisasi, dengan penyusunan alat-alat kantor pada tempat yang tepat serta pengaturan tempat kerja yang baik dapat mempengaruhi dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja.

Seputar Pengertian Tataruang perkantoran
Tujuan dalam tataruang perkantoran
  1. Pekerjaan di kantor dalam proses pelaksanaannya dapat menemuh jarak yang sependek mungkin
  2. Rangkaian aktivitas kerja tatausaha dapat mengalir secara lancer
  3. Ruang dapat digunakan seefesien mungkin untuk keperluan bekerja
  4. Kepuasan dan kesehatan pekerja dapat ipelihara
  5. Pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung secara memuaskan
  6. Memberi kesan yang baik terhadap organisasi (bagi orang luar)
  7. Susunan tempat kerja dapat dipergunakan untuk berbagai pekerjaan dan mudah diubah sewaktu-waktu diperlukan.
Jenis-Jenis Tataruang perkantoran
  1. Tataruang yang terpisah. Pada susunan ini ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa satuan, pembagian ini dapat disengaja dibuat untuk dipisahkan dengan memakai partisi atau karena mengikuti bentuk bangunan yang sudah ada dan banyak menggunakan kamar-kamar.
  2. Tataruang terbuka Tidak dilakukan pemisahan ruangan untuk masing-masing bagian, masing- masing  unit/departemen/bagian  bekerja  dalam  satu  ruangan  terbuka., memungkinkan pengawasan yang lebih efektif terhadap segenap pegawai, lebih  memudahkan hubungan diantara pegawai, lebih mudahnya tersebar cahaya dan peredaran udara an jika terjadi penambahan pegawai atau alat kantor dalam tataruang terbuka lebih mudah menampungnya.
  3. Apabila telah ditentukan letak sesuatu kantor dan menjatuhkan pilihan tataruang yang akan dipakai, tinggallah kini menyususn perabotan kerja (meja, kursi dan alat lainnya) paa letak yang tepat dan menurut susunan yang efesien.
Petunjuk dalam Tataruang Perkantoran :
  1. Meja kerja disusun mengikuti garis lurus an menghaap kejurusan yang sama, ini akan mengurangi kemungkinan pegawai sering mengobrol atau memperhatikan apa yang dikerjakan oleh rekannya
  2. Pada tataruang terbuka, susunan meja dapat terdiri atas beberapa baris.
  3. Diantara baris meja disediakan lorong untuk keperluan lalu lintas para pegawai, sebaiknya ditengah ruangan terdapat sebuah lorong dengan ukuran lebar 120 cm, sedangkan lorong lainnya dapat dibuat dengan ukuran 80 cm.
  4. Jarak antara satu meja dengan meja lainnya selebar 80 cm
  5. Meja pimpinan ditempatkan dibelakang para pegawainya.
  6. Untuk merancang tataruang kantor hendaknya dibuat persiapan sebagai berikut :
  7. Buat gambar denah kantor yang bersangkutan dengan skala 1: 40
  8. Hendaknya semua aktivitas perkantoran dicatat, untuk memperoleh gambaran mengenai urutan-urutan penyelesaian pekerjaan
  9. Susun letak meja-meja kerja untuk para pegawai
  10. Tataruang dirancang dengan menjejerkan guntingan gambar meja dan kursi diatas gambar denah, guntingan-guntingan ini diatur dan disusun sampai menemukan susunan yang terbaik, demikian pula perlengkapan perkantoran lainnya seperti lemari arsip dan perabotan lainnya diatur dan disusun sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya dengan memperhatikan luas lantai keseluruhan.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Tataruang perkantoran Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Tataruang perkantoran"