.

Seputar Pengertian Atmosfer Bumi

Seputar Pengertian Atmosfer Bumi. Adanya atmosfer bumi dapat memberikan gangguan yang cukup berarti. Dalam mengamati benda langit secara keseluruhan maka akan terdapat kesalahan yang ditimbulkan dari fungsi atmosfer sebagai filter yang hanya melewatkan spektrum gelombang elektromagnetik pada daerah jangkauan panjang gelombang tertentu, untuk dapat mengamati benda langit di luar pengaruh atmosfer bumi maka diciptakan roket astronomi.

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu atmos (uap) dan sphaira (bola/bumi). Jadi atmosfer menurut bahasanya dapat diartikan selubung berwujud gas yang mengelilingi bumi.

Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap. Studi tentang atmosfer mula-mula dilakukan untuk memecahkan masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya bintang. Dengan peralatan yang sensitif yang dipasang di wahana luar angkasa,
Seputar Pengertian Atmosfer Bumi
Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari Matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.

Yang menyebabkan bintang tidak dapat terlihat pada siang hari adalah karena adanya Atmosfer bumi yang menimbulkan efek langit biru. Cahaya matahari yang dipancarkan ke segala arah, hanya sebagian kecil yang sampai ke bumi. Sebagian besarnya diserap, dipantulkan dan dihamburkan oleh gas dan debu yang berukuran sangat kecil (mikroskopik). Partikel debu memiliki kemampuan yang lebih baik daripada molekul gas dalam memantulkan dan menghamburkan cahaya. Atmosfer tidak mempunyai batas mendadak, tetapi agak menipis lambat laun dengan menambah ketinggian, tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar.

Didalam kehidupan Atmosfer sangat dibutuhkan sebab Dengan adanya Atmosfer sehingga menjaga keseimbangan suhu pada siang dan malam hari dan bahkan bumi akan terlindungi dari Batu meteor yang jatuh kebumi dimana batu tersebut akan terkikis habis atau terpecah pada saat melewati lapisan Atmosfer. Dan tidak jarang pula Batu meteor. Tetapi pada Abad ini kejadian batu meteor yang jatuh ke bumi kerap terjadi. Apakah ini menandakan bahwa lapisan Atmosfer sudah tidak seperti Dahulu. Dan Apa yang menyebabkan semua itu dapat terjadi.

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Atmosfer_Bumi
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Atmosfer Bumi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Atmosfer Bumi"