.

Seputar Pengertian Kalori

Seputar Pengertian Kalori. Kalori adalah merupakan satuan ukur untuk menyatakan nilai energi. Dalam ilmu gizi, kalori adalah merupakan energi yang diperoleh dari makanan dan minuman serta penggunaan energi dalam aktivitas fisik. Tubuh kita memerlukan kalori untuk mengahsilkan energi. Energi sangat berperan penting dalam kehidupan, tanpa energi, sel-sel tubuh bisa mati, sistem-sistem organ dalam tubuh bisa berhenti, serta tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga Pengertian Ciri-Ciri Dan Klasifikasi Protein

Sumber kalori dari makanan dihasilkan dari lemak, karbohidrat dan juga protein, dan yang memiliki kandungan kalori terbesar dari semuanya adalah dari lemak, untuk setiap gramnya karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori tapi untuk lemak setiap 1 gramnya mengandung 9 kalori jadi lemak memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein dan juga karbohidrat.

Baca Juga Pengertian Dan Klasifikasi Karbohidrat 

Berdasarkan beberapa pendapat Jumlah kalori dalam makanan diperlukan untuk memperhitungkan keseimbangan energi. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih kecil dari kalori yang digunakan, berat badan akan berkurang karena cadangan energi dari lemak akan digunakan. Sebaliknya, apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang digunakan, berat badan akan meningkat. Kelebihan energi pun akan disimpan sebagai lemak. Jika penumpukan lemak yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Seputar Pengertian Kalori
Dalam Perhitungan jumlah kalori dalam makanan dan yang dibutuhkan oleh tubuh.
  1. Apabila anda makan terlalu sedikit namun banyak melakukan aktivitas dan olahraga yang melebihi kandungan kalori makanan yang diasup tersebut, maka berat badan anda akan turun karena lemak tubuh akan digunakan sebagai ganti untuk menghasilkan energi.
  2. Apabila jumlah kalori yang anda makan setiap hari sama dengan jumlah kalori yang anda keluarkan, maka berat badan anda akan sama.
  3. Apabila anda makan banyak makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak dari kebutuhan kalori anda, dengan kata lain, dengan makan banyak makanan dengan kandungan kalori tinggi namun kurang gerak atau olahraga, maka berat badan anda akan naik. Hal ini disebabkan karena sisa kalori yang tidak digunakan akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.
Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, antara lain faktor usia, kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas. Ini karena faktor-faktor ini menentukan besarnya energi yang dikeluarkan tubuh. Samuel mencontohkan, misalnya pria dewasa sehat biasanya membutuhkan asupan 2.000 kalori setiap hari. Sementara seiring bertambah usia, akan semakin rendah kebutuhan kalorinya. "Untuk menentukan kebutuhan kalori yang tepat untuk masing-masing individu, dibutuhkan perhitungan oleh ahli. Namun secara umum, kebutuhan kalori dipengaruhi faktor-faktor tadi," imbuh dokter yang berpraktik di Siloam Hospital ini.

Kebutuhan kalori sebaiknya dicukupi guna menjaga fungsi tubuh berjalan dengan normal. Hanya saja, jika memiliki kebutuhan khusus, seperti ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, maka jumlah kalori yang diasup mungkin bisa berbeda. Untuk mengurangi berat badan, seseorang harus makan kurang dari kebutuhan kalorinya, sebaliknya dengan menaikan berat badan. Hanya saja, tidak boleh terlalu drastis karena akan menganggu fungsi tubuh. Idealnya, berat badan turun dua hingga empat kilogram dalam sebulan.

Sumber referensi
http://sehatalami99.blogspot.nl/2014/02/apakah-kalori-itu.html
http://kaloriku.com/blog/apa-itu-kalori/
http://www.tropicanaslim.com/all-about-calories
http://health.kompas.com/read/2014/01/18/0923394/
.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Kalori Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Kalori"