.

Seputar Pengertian Dan Fungsi Dari Supervisi Pendidikan

Seputar Pengertian Dan Fungsi Dari Supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan dalam pengertian secara makro adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana membina sumber daya manusia yang ada pada pelaksana pendidikan (guru) untuk ditata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sesuai kesepakatan bersama dan dijalankan oleh supervisor pendidikan (Kepala Sekolah).

Langkah-langkah Supervisi Pendidikan

  1. Melaksanakan pertemuan pendahuluan yakni menciptakan suasana kekeluargaan yang intim antara guru dengan supervisor agar komunikasi selama kegiatan dapat berlangsungsecara efektif, serta membuat kesepakatan antara guru dengan supervisor tentang aspek proses belajar-mengajar yang akan dikembangkan dan ditingkatkan;
  2. Perencanaan oleh guru dan supervisor yakni membuat perencanaan pelaksanaan observasi secara bersamaan;
  3. Pelaksanaan pelatihan mengajar dan observasi yang mana guru sedang melakukan proses pembelajaran sedang supervisor melakukan pengamatan secara cermat, dengan menggunakan instrument observasi;
  4. Mengadakan analisis data, dalam hal ini supervisor mengajak guru untuk mendiskusikan apa yang telah dilaksanakan oleh guru waktu melakukan proses pembelajaran dikelas;
  5. Dengan Cara diskusi untuk memberikan umpan balik yang bertujuan untuk memberikan umpan balik atas apa yang telah dilakukan oleh supervisor kepada guru yang sedang berlatih mengajar meningkatkan ketrampilannya dan pelaksanaan langkah pemberian umpan balik sebaiknya dilakkukan secara obyektif dan segera.
Berdasarkan Langkah supervisi pendidikan diatas maka adanya saling keterkaitan yang erat satu sama lain, dan berkesinambungan dalam beberapa proses langkah yang dilakukan oleh supervisor guna melakukan kontrol terhadap pembelajaran guru dikelas. Pemaknaan atas kelima langkah supervisi pendidikan tersebut hendaknya juga membina inisiatif guru serta mendorongnya untuk aktif menciptakan suasana dimana tiap orang merasa aman dan dapat mengembangkan potensi- potensinya.

Supervisi pendidikan mencakup kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pembinaan terhadap sumber dayamanusia. Dalam keterangan diatas supervisi pendidikan memposisikan diri sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam mengelola sumber daya manusia guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Fungsi utama supervisi pendidikan adalah mengembangkan situasi belajar mengajar menjadi lebih baik melalui beberapa pembinaan dan peningkatan profesi belajar. Dengan pemberian bimbingan diharapkan guruyang disupervisi mampu meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannyamenjadi lebih baik. Fungsi dan pelaksanaan supervisi pendidikan tersebutmerupakan suatu ketentuan yang diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih produktif. Yang mana kriteria keberhasilan sebuahsupervisi pendidikan dilihat dari keberhasilan guru dalam meningkatkan produktifitas sumber dayanya guna menjadi guru yang profesional.

Sumber Referensi
http://www.academia.edu/4504605/SUPERVISI_PENDIDIKAN
.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Dan Fungsi Dari Supervisi Pendidikan Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Dan Fungsi Dari Supervisi Pendidikan"