.

Pengertian Dan Unsur Teater


Pengertian Dan Unsur Teater. Di antaranya teori tentang asal mula teater adalah Berasal dari upacara agama primitif. Unsur cerita ditambahkan pada upacara semacam itu yang akhirnya berkembang menjadi pertunjukan teater. Meskipun upacara agama telah lama ditinggalkan, tapi teater ini hidup terus hingga sekarang. Berasal dari nyanyian untuk menghormati seorang pahlawan di kuburannya. Dalam acara ini seseorang mengisahkan riwayat hidup sang pahlawan yang lama kelamaan diperagakan dalam bentuk teater. Berasal dari kegemaran manusia mendengarkan cerita. Cerita itu kemudian juga dibuat dalam bentuk teater (kisah perburuan, kepahlawanan, perang, dan lain sebagainya).

“Teater berasal dari kata theatron, sebuah kata Yunani yang mengacu pada sebuah tempat di mana aktor mementaskan lakon, dan orang orang yang menontonnya.”. Dengan demikian dapat dipahami bahwa teater sebagai pertunjukan melibatkan unsur pelaku dan penonton.

Pengertian Teater Secara etimologis adalah gedung pertunjukan atau auditorium. Dalam arti sempit: Teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak Dalam arti luas: Teater adalah drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media yaitu percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.

Ada juga yang mengatakan bahwa teater adalah sebuah peristiwa yang memadukan unsur suara, gerak, dan rupa dalam jalinan cerita yang diperagakan oleh pemain menjadi sebuah pertunjukan yang disaksikan oleh penonton di atas panggung. Sementara itu, drama dapat didefinisikan sebagai tindakan di atas panggung yang merepresentasikan peristiwa dalam kehidupan.

Pengertian Dan Unsur Teater


Unsur-Unsur Teater
Berikut ini adalah beberapa unsur yang terdapat didalam teater
  1. Pemeran merupakan orang yang memerankan tokoh tertentu. Ada tiga jenis pemain, yaitu peran utama, peran pembantu dan peran tambahan atau figuran. Dalam film atau sinetron, pemain biasanya disebut Aktris untuk perempuan, dan Aktor untuk laki-laki.
  2. Sutradara adalah seseorang yang memimpin jalanya sebuah produksi, dari pra produksi sampai pascaproduksi. Baik dari segi kreatif maupun teknis, dengan menggunakan sistem single kamera maupun multi kamera, di dalam ruangan atau di luar ruangan.
  3. Properti merupakan sebuah perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan teater. Contohnya kursi, meja, robot, hiasan ruang, dekorasi, dan lain-lain
  4. Penataan Seluruh pekerja yang terkait dengan pementasan teater, antara lain: Tata Rias adalah cara mendadandani pemain dalam memerankan tokoh teater agar lebih meyakinkan atau lebih menonjolkan karakter tokoh teater tersebut. Tata Busana adalah pengaturan pakaian pemain agar mendukung keadaan yang menghendaki. Contohnya pakaian sekolah berbeda dengan pakaian harian. Tata Lampu adalah pencahayaan dipanggung. Dan Tata Suara adalah pengaturan pengeras suara
Sumber Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Teater#Unsur-Unsur_Dalam_Teater
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Unsur Teater Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Dan Unsur Teater"