.

Seputar Prinsip Organisasi

Seputar Prinsip Organisasi. Dalam Pelaksanaan organisasi harus berpedoman pada prinsip-prinsip organisasi,. Dimana dalam prinsip tersebut dapat membentuk sebuah organisasi yang baik serta jelas dalam menjalan tugas-tugasnya. Berikut adalah beberapa prinsip organisasi.
Seputar Prinsip Organisasi

1. Perumusan Tujuan
Secara umum Prinsip tujuan organisasi merupakan keadaan atau tujuan yang ingin dicapai oleh  organisasi di waktu yang akan datang melalui kegiatan organisasi.Untuk mencapai tujuan yang jelas dalam organisasi, pelaku (orang) dalam organisasi diharapkan dapat mendesain ataupun memanage organisasinya dengan matang agar organisasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perumusan tujuan.

2. Pembagian Kerja
Dari berbagai hal penting yang dapat dipahami dari prinsip organisasi adalah adanya kebutuhan untuk melakukan pembagian kerja diantara anggotanya dan kemudian melakukan koordinasi diantara berbagai departemen, unit kerja, atau kelompok-kelompok yang berbeda-beda. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam merancang prinsip pembagian kerja organisasi adalah seberapa jauh kebutuhan untuk melakukan diferensiasi dan integrasi.

3. Pendelegasian Kekuasaan/Wewenang
Prinsip Delegasi wewenang memungkinkan seseorang menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada kalau semuanya dikerjakan sendiri. Kadang bawahan mempunyai keahlian yang lebih dibandingkan dengan manajer untuk hal-hal tertentu maka perlu dibentuk pendegelesaian Kekuasaan/Wewenang. Beberapa manajer kadang enggan mendelegasikan wewenang karena: tidak yakin akan kemampuan bawahan merasa mampu mengerjakan sendiri tidak efisien untuk mengajari bawahannya

4. Tingkat Pengawasan
Prinsip Tingkat Pengawasan merupakan salah satu fungsi dalam manajemen suatu organisasi. Dimana memiliki arti suatu proses mengawasi dan mengevaluasi suatu kegiatan. Suatu Pengawasan dikatakan penting karena Tanpa adanya pengawasan yang baik tentunya akan menghasilkan tujuan yang kurang memuaskan, baik bagi organisasinya itu sendiri maupun bagi para pekerjanya. Di dalam suatu organisasi terdapat tipe-tipe pengawasan yang digunakan.

5. Rentang Manajemen
Prinsip Rentang Manajemen Dalam suatu organisasi perlu kita perhatikan suatu efektivitas dan sebuah efisiensi dari seorang pemimpin yang dapat membawahi beberapa orang yang dibawahinya sehingga seorang pemimpin dapat melakukan tugas kepemimpinannya secara efektif,efisien dan maksimal serta dapat melakukan tugas pengawasan secara optimal. Penentuan mekanisme koordinasi yang tepat Pertimbangannya adalah dengan menyesuaikan kapasitas organisasi untuk koordinasi dengan kebutuhan koordinasi, yaitu berapa banyak informasi dibutuhkan, berapa besar kemampuan pemrosesan informasi. 

6. Kesatuan Perintah
Prinsip Kesatuan Perintah dalam organisasi Dalam melakasanakan pekerjaan, karyawan harus memperhatikan prinsip kesatuan perintah sehingga pelaksanaan kerja dapat dijalankan dengan baik. Karyawan harus tahu kepada siapa ia harus bertanggung jawab sesuai dengan wewenang yang diperolehnya. Perintah yang datang dari manajer lain kepada serorang karyawan akan merusak jalannya wewenang dan tanggung jawab serta pembagian kerja.

7. Kordinasi
Prinsip Kordinasi organisasi dalam melakukan pekerjaan menjadi sangat penting karena seseorang tidak mungkin dapat melakukan pekerjaannya sendiri, dan keberhasilan membangun koordinasi tersebut dipengaruhi oleh kuatnya relasi horisontal dan relasi vertikal. Relasi secara horisontal dilakukan antara sesama pegawai yang setara, sementara relasi vertikal terbangun antara pegawai dengan atasan atau dengan level yang lebih tinggi.
.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Prinsip Organisasi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

2 Responses to "Seputar Prinsip Organisasi"

  1. tanks bro..semoga bermanfaat selalu. baik bagi yang membaca maupun yang buat postingan... kalau kayak gini aku jadi tau prinsip organisasi

    ReplyDelete