Widget HTML #1

Seputar ilmu kesehatan masyarakat

Seputar ilmu kesehatan masyarakat merupakan ilmu yang multi disipliner, karena memang pada dasarnya Masalah Kesehatan Masyarakat bersifat multikausal, maka untuk mengatasi dan memecahkannya secara multidisiplin. Apa itu ilmu kesehatan masyarakat….? Ilmu Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, mempromosikan kesehatan dan efisiensi dengan menggerakkan potensi seluruh masyarakat.  Dan dapat juga diartikan sebagai Kombinasi antara teori (ilmu) & praktik (seni) yg bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang usia hidup & meningkatkan kesehatan masyarakat Pengorganisasian Masyarakat (menghimpun & mengembangkan potensi masyarakat dalam usaha : preventif, kuratif, promotif & rehabilitative.
Seputar ilmu kesehatan masyarakat
Seputar ilmu kesehatan masyarakat

Ikatan Dokter Amerika, AMA, (1948) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

Ruang Lingkup Kesehatan Masyarakat
Epidemiologi
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta fakor yang terkait di tingkat populasi. Ini adalah model corestone penelitian kesehatan masyarakat, dan membantu menginformasikan kedokteran berbasis bukti (eveidence based medicine) untuk mengidentifikasikan faktor risiko penyakit serta menentukan pendekatan penanganan yang optimal untuk praktik klinik dan untuk kedokteran preventif.

Biostatistik
Biostatistik adalah Metode statistik yang diterapkan pada ilmu – ilmu terkait kesehatan, seperti kedokteran dan kesehatan masyarakat, untuk membantu memahami tentang karakteristik populasi, dan hubungan/ pengaruh variable pada populasi

Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Lingkungan adalah merupakan bagian-bagian dasar-dasar kesehatan masyarakat modern yang meliputi terhadap semua aspek manusia dalam hubungannya dengan lingkungan, terkait dalam bebagai ekosistem, dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan niali-nilai kesehatan manusia pada tingkat setinggi-tingginya, dengan jalan memodifisir tidak hanya faktor sosial dan lingkungan fisik semata, tetapi juga semua sifat-sifat dan kelakuan lingkungan yang dapat membawa pengaruh terhadap ketenagan, kesehatan dan keselamatan umat manusia

Pendidikan Kesehatan dan Perilaku
Pendidikan Kesehatan dan Perilaku adalah Pendidikan kesehatan untuk menunjang program-program kesehatan yang lain.. Pendidikan kesehatan itu tidak langsung membawa manfaat bagi masyarakat dan yang mudah dilihat atau diukur, karena pendidikan merupakan behavioral investmen jangka panjang.

Administrasi Kesehatan Masyarakat
Administrasi Kesehatan Masyarakat adalah Suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasisan, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian dan penilaian terhadap Sumber, Tata Cara, dan Kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntuan akan kesehatan, perawatan kedokteran serta lingkungan sehat dengan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan perorangan, kelompok dan masyarakat.

Gizi Masyarakat
Pengertian Gizi secara umum adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek.

Kesehatan Reproduksi masyarakat
Kesehatan Reproduksi masyarakat adalah keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan fungsi, peran dan sistem reproduksi masyarakat.

Sistem Informasi Kesehatan
Sistem informasi kesehatan merupakan suatu pengelolaan informasi di seluruh seluruh tingkat pemerintah secara sistematis dalam rangka penyelengggaraan pelayanan kepada masyarakat.

Konsep kesehatan masyarakat berkaitan dengan perubahan perilaku sehat akan lebih terbentuk dan bertahan lama bila dilandasi kesadaran sendiri (internalisasi) sehingga konsep upaya sehat dari, oleh dan untuk masyarakat sangat tepat diterapkan.

Resefrensi :
Wikipedia.org