.

Seputar Ciri-Ciri Kreatifitas

Seputar Ciri-ciri kreatifitas adalah Rasa atau hasrat ingin tahu, bersifat terbuka terhadap pengalaman baru, berkeinginan untuk menemukan dan meneliti, cenderung melakukan tugas yang berat dan sulit, bergairah, aktif dan mempunyai dedikasi dalam melakukan tugas, berpikir fleksibel, menanggapi pertanyaan dan kebiasaan untuk memberikan jawaban yang lebih banyak.

Seseorang Dengan kreatifitas dapat menganalisa semua permasalahan yang ada, serta mencari sintesisnya dan kemudian melakukan evaluasi. Seseorang yang berpikir divergen lebih peka terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi, lancar dan orisinal dalam proses berpikir, fleksibel dalam mendefinisikan dan mengelaborasi berbagai macam persoalan.

Baca Juga

Jadi dapat dikatkan bahwa ciri-ciri kreatifitas secara umum adalah berupa kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan Ketrampilan mengelaborasi.

Komponen / Indikator Ciri-Ciri Kreativitas

1. Kelancaran Berfikir
Kelancaran berpikir adalah merupakan proses di mana seseorang mampu menghasilkan banyak ide atau pemecahan masalah dalam waktu yang cepat. Adapun indikator kelancaran berpikir meliputi kemampuan untuk :
  1. Mencetuskan banyak gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau pertanyaan
  2. Memberikan banyak cara atau saran untuk melakukan berbagai hal
  3. Selalu memberikan lebih dari satu jawaban
2. Keluwesan
Keluwesan adalah merupakan kemampuan untuk menggunakan bermacam-macam pendekatan dalam mengatasi persoalan. Indicator dari keluwesan meliputi kemampuan :
  1. Menghasilkan gagasan, jawaban atau pertanyaan yang bervariasi
  2. Dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbedabeda
  3. Mencari banyak alternative
  4. Mampu mengubah cara pendekatan atau cara pemikiran
3. Orisinalitas
Orisinalitas adalah kemampuan untuk mencetuskan gagasan atau penyelesaian tentang suatu permasalahan dengan cara yang asli, gagasan tersebut sangat jarang atau bahkan belum pernah diungkapkan sebelumnya. Definisi ketrampilan berpikir orisinal menurut antara lain :
  1. Mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik
  2. Memikirkan cara yang tidak lazim untuk mengungkapkan diri
  3. Mampu membuat kombinasi-kombinasi yang tidak lazim dari bagian-bagian atau unsur-unsur.
4. Ketrampilan Mengelaborasi
Ketrampilan Mengelaborasi adalah merupakan kemampuan untuk mengembangkan gagasan dan mengurai secara terperinci. Adapun indicator dari ketrampilan mengelaborasi dapat disebutkan sebagai berikut :
  1. Mampu memperkaya dan mengembangkan suatu gagasan atau produk
  2. Menambahkan atau memperinci detail-detail dari suatu obyek, gagasan, atau situasi sehingga  menjadi lebih menarik
.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Ciri-Ciri Kreatifitas Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Ciri-Ciri Kreatifitas"