.

Seputar Pengertian Sikap Rela Berkorban

Seputar Pengertian Rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menumbuh kembangkan semangat rela berkorban dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya, keteladanan memberikan bimbingan, dan pembinaan kesadaran dalam kerelaan berkorban.

Arti Dari Rela Berkorban :

  1. Rela artinya bersedia dengan senang hati, dan tidak mengharapkan imbalan atas dasar kemauan sendiri.
  2. Berkorban, artinya memberikan segala sesuatu yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya sendiri.
Sikap rela berkorban adalah sikap yang mencerminkan adanya kesediaan dan keikhlasan dalam memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain, walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri. Dalam pengertian yang lebih sederhana, rela berkorban adalah sikap dan perilaku yang tindakannya dilakukan dengan ikhlas serta mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan diri sendiri.

Atau dapat diartikan rela berkorban: orang yang mau mengorbankan dirinya sendiri demi membahagiakan/memenuhi kebutuhan orang lain.

Definisi Rela Berkorban. Menurut istilah berarti bersedia dengan ikhlas, senang hati, dengan tidak mengharapkan imbalan berupa apapun didunia, dan mau memberikan sebagian yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya. Makna yang terkandung dalam pengertian ini adalah bahwa untuk mencapai suatu kemajuan, keserasian, keselarasan, dan keseimbangan, dalam hidup bermasyarakat, diperlukan adanya kesediaan dengan rasa ikhlas untuk memberikan seseuatu yang kita miliki untuk keperluan orang lain atau masyarakat.

bagaimana cara menumbuhkan sikap rela berkorban Untuk mencapai suatu cita-cita diperlukan sikap rela berkorban demi kepentingan sesama manusia, masyarakat, bangsa dan negara. Apabila dilihat dari arti katanya, Dengan demikian rela berkorban artinya kesediaan dengan ikhlas untuk memberikan segala sesuatu yang dimilikinya, sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya sendiri demi kepentingan bangsa dan negara. ”Sebagai generasi penerus bangsa, sikap rela berkorban yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu kita, seharusnya dapat menjadi contoh patokan dan teladan bagi kita semua. seperti semangat pengabdian yang tulus, Ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban.

Contoh rela berkorban Yang dilakukan Nabi Ibrahim AS

Suatu Ketika Nabi Ibrahim diuji oleh Allah SWT agar menyembelih anaknya sebagai qurban Artinya : ”Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".

hikmah yang terkandung dibalik perintah kepada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anak-Nya, yaitu : Allah SWT menguji volume cinta manusia kepada-Nya dan kepada makhluk, dengan tuntunan agar cinta manusia harus lebih besar kepada Allah SWT. Ternyata Nabi Ibrahim AS telah menunjukkan dan membuktikan hal tersebut.

Maka mustahil Dia (Allah) menyuruh membinasakan manusia melainkan, Nabi Ibrahim AS, di uji dengan perintah menyembelih anaknya Ismail AS, kemudian perintah itu di gantikan dengan menyembelih hewan disuruh menyembelih hewan (domba) sebagai isyarat bahwa didalam diri manusia ada nafsu hewaniyah yang harus ditundukkan (dipotong/ diamputasi), sebab dapat menghalangi/ mengurangi cinta kepada Allah SWT.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Sikap Rela Berkorban Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Sikap Rela Berkorban"