.

Seputar Pengertian Metode dan Metodologi

Seputar Pengertian Pengertian Metode dan Metodologi - Apa Itu Metodologi dan Metode Dalam konteks penelitian Metode hanya berhubungan dengan teknis yang terdapat dalam metodologi. Sedangkan Metodologi merupakan proses dalam memecahkan suatu masalah dalam bentuk, tugas, metode, teknik dan alat. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa didalam metodoogi terdapat metode, seperti teknik pengolahan data, teknik penggalian data, penentuan populasi serta sampel dan sejenisnya. Dapat dikatakan bahwa Metode Dan Metodologi merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Tetapi mempunyai pengertian yang berbeda.

Seputar Pengertian Metode dan Metodologi
Seputar Pengertian Metode dan Metodologi

Perbedaan  Metodologi dan Metode 

  1. Metodologi adalah ilmu pengetahuan tentang metode-metode yang dipergunakan. 
  2. Metode adalah cara atau prosedur yang akan dilakukan dalam mencapai tujuan tertentu. 

Pengertian Metode

  1. Metode atau cara dalam melakukan, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan suatu informasi
  2. Metode atau rangkaian cara dan langkah yang teratur dan terpola untuk menegaskan sesuatu dibidang keilmuan.
  3. Metode atau cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu.
  4. Metode adalah seperangkat langkah atau tahapan yang tersusun secara sistematis/logis 
  5. Metode atau cara yang sudah dipikirkan dan dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
  6. Metode ialah upaya yang digunakan untuk mengungkapkan cara yang paling tepat dan cepat dalam melakukan sesuatu. 
  7. Metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. 

Pengertian Metodologi

  1. Metodologi adalah Pengetahuan atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
  2. Metodologi dapat dipahami sebagai filsafat ilmu pengetahuan. Filsafat ilmu pengetahuan yang dimaksud ini menguraikan metode ilmiah sesuai dengan hakikat pengertian manusia dapat ditentukan kategori-kategori umum yang  hakiki untuk segala pengertian, jadi berlaku juga untuk semua ilmu

Tujuan Metode dan Metodologi

  1. Pada dasarnya metodologi digunakan untuk menghasilkan pemahaman atau pengetahuan yang komprehensif dan utuh, Mengunakan metode-metode yang sesuai dengan aturan dan prosedur. 
  2. Pada dasarnya metodologi digunakan untuk mencapai tujuan dalam mencari kebenaran ilmu Dalam menguasai materi keilmuan perlu diimbangi dengan kemampuan kemampuan dibidang metode sehingga pengetahuan yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksimal.


Semoga Seputar Pengertian Metode Dan Metodologi.  Yang membahas didalam metodoogi terdapat metode, seperti teknik pengolahan data, teknik penggalian data, penentuan populasi serta sampel dan sejenisnya. Perbedaan dan tujuan metode dan metologi. Dalam hal ini kami menyimpulkan bahwa Metode Dan Metodologi merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Tetapi mempunyai pengertian yang berbeda. Dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Terima kasih.
..
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Metode dan Metodologi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Metode dan Metodologi"